Bolehkah Penderita Diabetes Makan Bubur? Begini Jawaban Dokter Cahyo

- 30 Agustus 2022, 06:27 WIB
Ilustrasi bubur ayam. Ini jawaban dokter Cahyo mengenai apakah boleh penderita makan bubur ayam atau tidak.
Ilustrasi bubur ayam. Ini jawaban dokter Cahyo mengenai apakah boleh penderita makan bubur ayam atau tidak. /Freepik/timolin

PRFMNEWS - Penderita diabetes memang disarankan untuk mengurangi konsumsi nasi karena tingginya kadar gula.

Lantas bolehkan penderita diabetes mengonsumsi bubur?

Sebelumnya kita perlu membandingkan indeks glikemik kandungan karbohidrat dan beban glikemik antara bubur dengan nasi putih biasa agar bisa tahu apakah bubur ayam lebih aman atau tidak bagi penderita diabetes.

Pertama bila dilihat dari indeks glikemiknya maka bubur memiliki indeks glikemik lebih tinggi daripada nasi biasa, di mana indeks glikemik dari bubur ini sebesar 90 sedangkan nasi putih biasa memiliki indeks glikemik sebesar 73.

Baca Juga: Benarkah Penderita Diabetes Tidak Boleh Minum Air Kelapa Muda? Simak Dulu Jawaban dr. Cahyo Ini

Jadi bubur dan nasi putih biasa ini sama-sama memiliki indeks glikemik yang tinggi karena nilai indeks glikemiknya di atas 71, tetapi karena skor indeks glikemiknya lebih tinggi daripada nasi, ini artinya bubur lebih mudah diserap oleh saluran cerna dan lebih cepat meningkatkan gula darah daripada nasi biasa.

Kedua, dalam 100 gram bubur nasi terdapat kandungan karbohidrat sebesar 15,26 gram sedangkan dalam 100 gram nasi putih biasa ini mengandung karbohidrat sebesar 27,9 gram.

Sehingga pada porsi yang sama nasi putih biasa ini mengandung karbohidrat lebih tinggi daripada bubur dimana hal ini terjadi disebabkan bubur mengandung lebih banyak air daripada nasi putih biasa.

Ketiga, beban glikemik dari bubur nasi sebesar 13 jadi masih termasuk dalam kategori beban glikemik sedang.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x