dr Clarin Hayes Ungkap Cara Cegah Diabetes pada Usia Muda

- 7 Agustus 2022, 10:12 WIB
Begini cara mencegah diabetes di usia muda kata dr Clarin Hayes
Begini cara mencegah diabetes di usia muda kata dr Clarin Hayes /Tangkap layar IG @clahayes


PRFMNEWS - Secara teoritis, diabetes merupakan suatu penyakit yang terbilang kronis dengan pertanda ciri tingginya gula darah. Pada faktanya, diabetes tidak bisa disembuhkan secara total, namun hanya bisa diobati agar tidak semakin parah.

Nah, jangan salah ya bahwa diabetes hanya menyerang kaum orang tua saja. Akan tetapi usia muda juga rentan terkena penyakit serius ini.

Maka, sebelum terlambat ada baiknya mencegah diabetes pada usia muda. Bahkan diabetes di usia muda jumlahnya tergolong meningkat. Hal ini akan dibeberkan oleh Dokter Clarin Hayes tentang bagaimana cara mencegah diabetes pada usia muda, yang dikutip dari kanal Youtube Clarin Hayes.

Baca Juga: Hati-hati Diabetes Bisa Ditandai dengan Kondisi ini, Sering Menyerang Anak Muda, kata dr Clarin Hayes

1. Kurangi makanan dan minuman manis

Contohnya seperti donat, kopi manis hingga nasi. Maksud nasi disini adalah jangan terlalu makan banyak nasi. Itu adalah salah satu kunci utamanya. Semakin banyak gula dan kalori yang kita konsumsi, bahkan berlebihan dari yang dibutuhkan tubuh maka semakin banyak tubuh memproduksi insulin.

Kalau berlebihan akan menghilangkan sensitivitas insulin di sel tubuh. Menurunnya sensitivitas insulin atau resistensi insulin, inilah salah satu penyebab diabetes mellitus. Sebab lainnya yaitu kerusakan sel beta pankreas sehingga tidak bisa memproduksi insulin.

Baca Juga: Jangan Abai, Inilah Gejala Diabetes di Usia Muda, kata Dokter Clarin Hayes

2. Jaga berat badan ideal

Menurut dari beberapa penelitian, kelebihan berat badan itu sangat berhubungan dengan jumlah sitokin, gliserol, hormon, dan asam lemak bebas, dimana semua ini berperan dalam terjadinya resistensi insulin dan diabetes. Semakin berat badan berlebih, semakin resiko untuk terkena diabetes.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x