Penjelasan Ustadz Adi Hidayat Terkait Syarat Sahnya Puasa di Bulan Ramadhan

- 16 Maret 2022, 08:30 WIB
Ustadz Adi Hidayat saat menjelaskan tentang Syarat Sahnya Puasa di Bulan Ramadhan.
Ustadz Adi Hidayat saat menjelaskan tentang Syarat Sahnya Puasa di Bulan Ramadhan. /Youtube Adi Hidayat Official

PRFMNEWS – Puasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib untuk seluruh umat Islam, namun syarat sahnya puasa di bulan Ramadhan perlu dipahami.

Ustadz Adi Hidayat memberikan penjelasan terkait syarat sahnya puasa yang di unggah di kanal YouTubenya, dikutip prfmnews.id Rabu, 16 Maret 2022.

Berikut tiga pokok syarat dan wajib puasa Ramadhan yang disampaikan oleh Ustadz Adi Hidayat:

Baca Juga: 2 Pengendara Moge Penabrak Anak Kembar di Pangandaran Jadi Tersangka Meski Sempat Damai dengan Keluarga Korban

1. Syarat Wajib Puasa
Syarat wajib yaitu syarat yang melekat dan mengharuskan seseorang untuk berpuasa. Jika belum terpenuhi ketentuan ini maka belum berlaku kewajiban puasa untuk dirinya.

Syarat wajib puasa adalah:

- Usia Baligh
Kematangan nalar dalam dirinya, ditandai dengan wanita sudah masa haid, untuk laki-laki telah mencapai mimpi basah. Namun bagi yang belum baligh tetap boleh menjalankan puasa sebagai metode pembelajaran.

- Memiliki Kemampuan
Mampu untuk menunaikan puasa secara medis, jika secara medis akan menambah parah sakit, maka akan gugur kewajibannya, namun harus diganti di kemudian hari diluar bulan Ramadhan dengan qodho.

Bisa juga karena perjalanan jauh yang tidak memungkinkan untuk berpuasa dan perubahan waktu yang tidak stabil, namun harus diganti pada hari-hari lain.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: YouTube Adi Hidayat Official


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x