Awas! Stress Bisa Jadi Penyebab Kolesterol Meningkat, Begini Penjelasannya

- 1 Desember 2021, 19:45 WIB
Ilustrasi stress.
Ilustrasi stress. /unsplash.com / @tjump / https://unsplash.com/photos/BuNWp1bL0nc/

PRFMNEWS - Kita semua pasti pernah mengalami masa-masa stres dalam hidup, entah itu di tempat kerja saat Anda mengejar tenggat waktu yang ketat atau menunggu hasil ujian, akademis atau lainnya.

Beberapa di antaranya, dapat membuat stres bisa jadi baik atau menjadi buruk. Penelitian baru menunjukkan bahwa stres yang buruk dapat 'secara tidak langsung' menyebabkan kolesterol lebih tinggi.

Menurut Dr Timothy Legg, seorang psikolog dan konselor profesional telah berteori bagaimana stres dapat menyebabkan kolesterol lebih tinggi “secara tidak langsung" melalui berbagai cara.

Baca Juga: 8 Tips Mudah Atasi Stres yang Bisa Dilakukan Oleh Diri Sendiri

Penelitian sebelumnya telah menghubungkan stres dengan kebiasaan makan yang buruk mengakibatkan pola makan tidak sehat, hingga mengarah ke berat badan menjadi lebih besar sehingga pada gilirannya meningkatkan risiko kolesterol tinggi.

Ada lebih banyak dampak stres pada kolesterol daripada ini, karena ada teori lain yang sedikit lebih kompleks. Saat tubuh stres, atau mengalami "respon stres", tubuh akan melepaskan hormon sebagai respons yang disebut kortisol, hormon ini membantu mengisi kembali simpanan energi tubuh saat kita stres.

Dikombinasikan dengan adrenalin, hormon lain yang dilepaskan selama respons stres, menurut teori hal ini memicu respons "lawan atau lari".

Baca Juga: Ternyata Kebiasaan Jalan Kaki Bisa Meredakan Stres, Begini Penjelasannya

Baca Juga: Gunakan Warna-warna Ini Pada Pakaian, Bisa Kurangi Stress Saat Bekerja Lho!

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x