Ternyata Kebiasaan Jalan Kaki Bisa Meredakan Stres, Begini Penjelasannya

- 24 November 2020, 20:30 WIB
Ilustrasi jalan kaki
Ilustrasi jalan kaki /PIXABAY.COM/Free-Photos

PRFMNEWS - Berjalan kaki memberikan sejumlah manfaat yang dapat dirasakan. Bukan hanya saja bagi fisik. Jalan kaki dapat juga memberikan dampak yang baik untuk meredakan stres.

Dilansir prfmnews.id dari Huffpost, untuk mendapatkan efek baik dari berjalan kaki terkait meredakan stres tidak perlu untuk dilakukan dengan jarak berkilo-kilometer. Dengan membiasakan diri berjalan kaki secara rutin saja Anda sudah dapat merasakan efek dari hal tersebut.

Seperti halnya olahraga lainnya, berjalan kaki dapat meningkatkan hormon endorfin. Hormon endorfin memiliki fungsi dapat mengurangi tingkat stres dan depresi. Selain itu, hormon endorfin dapat merubah suasana hati menjadi senang.

Baca Juga: Suka Lapar saat Tengah Malam? Ternyata Ini Penyebabnya

Sejumlah penelitian temukan bahwa berjalan kaki pada luar ruangan seperti taman, mampu mengatasi stres serta meningkatkan daya ingat. Bahkan ketika musim dingin manfaat tersebut dapat diperoleh hingga 20 persen.

Sebuah studi pada tahun 2008 menemukan, ketika seseorang yang jarang bergerak diminta untuk berjalan kaki. Maka secara signifikan seseorang tersebut mengalami sebuah peningkatan pada energi sebanyak 20 persen, serta berkurangnya rasa lelah sejumlah 65 persen.

Baca Juga: Simak Nih, 5 Cara Mudah Berkenalan dengan Seseorang Lewat Medsos

Berjalan kaki juga dapat membuat seseorang seperti dalam kondisi meditasi. Pada saat bermeditasi, pikiran seseorang dalam keadaan yang rileks. Itu akan terjadi jika seseorang berjalan kaki pada ruangan yang berwana hijau.

Untuk merasakan manfaat yang lebih banyak, Anda dapat mengajak teman atau keluarga untuk berjalan kaki bersama. Berajalan kaki bersama-sama dapat mencegah hormon kortisol dan tekanan darah menjadi naik. Hormon kortisol dan tekanan darah naik merupakan faktor penyebab yang bisa menimbulkan stres.(Dwi Nurul Hasanah/JOB)***

Editor: Rizky Perdana

Sumber: Huffpost


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x