Mengejutkan! 5 Makanan Ini Ternyata Bagus untuk Meningkatkan Memori Otak

- 19 November 2021, 17:41 WIB
Kenali Bagaimana Otak Merespon Musik dan Menghasilkan Emosi, Ini Penjelasan dr Ryu Hasan.
Kenali Bagaimana Otak Merespon Musik dan Menghasilkan Emosi, Ini Penjelasan dr Ryu Hasan. /Pixabay/Geralt. /

PRFMNEWS - Apa yang Anda makan setiap hari lebih dari sekadar bahan bakar tubuh Anda. Sebab makanan juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kognitif Anda.

Dari keju hingga anggur merah, ikan berminyak hingga teh hijau, makanan sehat bagi otak ini dapat membantu meningkatkan kesehatan kognitif Anda.

Menurut Kien Vuu, seorang asisten profesor Ilmu Kesehatan di UCLA ini menyebutkan bahwa ada hubungan fisik langsung antara otak dan usus Anda.

“Ini disebut saraf vagus dan menghubungkan dari otak ke usus dan sistem saraf di sekitarnya, mengirim pesan bolak-balik di antara keduanya. Ketika Anda makan dengan buruk atau makan makanan yang mengiritasi usus, itu akan mengirimkan sinyal itu ke otak Anda, yang dapat menyebabkan masalah memori dan kabut otak.” kata Vuu.

Baca Juga: Viral di Media Sosial, Foto Jalan Menuju Kawah Darajat Garut Terputus karena Dilanda Longsor

Ada banyak penelitian yang berfokus pada apa yang harus dimakan untuk memberi makan otak Anda. Secara umum, makanan yang baik untuk jantung Anda adalah buah, sayuran, lemak sehat, dan banyak lagi yang juga baik untuk otak Anda. (Dan olahraga juga diketahui sangat baik untuk kesehatan otak.)

Tetapi sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer's Disease edisi September 2020, menunjukkan mungkin ada beberapa jenis makanan yang kurang dikenal yang terkait dengan fungsi kognitif.

Berikut beberapa makanan yang baik untuk otak menurut para ahli, dikutip prfmnews.id dari laman the healthy.com:

Keju

Untuk studi Journal of Alzheimer's Disease, para peneliti memantau sampel besar subjek selama periode 10 tahun untuk mengumpulkan data diet dan kognitif.

Penelitian ini melibatkan 1.787 orang dewasa di Inggris berusia 46 hingga 77 tahun yang mengambil kuesioner layar sentuh dan tes kemampuan mereka untuk "berpikir dengan cepat".

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: healthy.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x