6 Makanan yang Harus Dihindari Bagi Penderita Diabetes

- 26 Oktober 2021, 19:17 WIB
Ilustrasi mengkonsumsi makanan manis
Ilustrasi mengkonsumsi makanan manis /Pexels.com/Andres Ayrton

PRFMNEWS - Diabetes adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula darah (glukosa) di dalam tubuh. Biasanya diabetes juga disebut dengan penyakit kencing manis.

Penyebab diabetes di antaranya adalah faktor keturunan dari keluarga, atau bisa juga terjadi karena pola hidup yang kurang sehat. Salah satunya bisa jadi berasal dari karbohidrat yang kerap kita konsumsi.

Karbohidrat adalah makanan yang sering kali kita konsumsi, entah itu makanan atau minuman. Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh, itu akan dicerna di saluran pencernaan lalu diserap oleh usus.

Baca Juga: Yuk kita Mengenal Kuliner Khas Prancis yang Menggoda Lidah

Baca Juga: Beragam Makanan Khas Aceh yang Wajib Kamu Cicipi!

Menurut dr. Vania Utami, dari sekian banyak makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat, ada yang mudah diserap dan juga sulit untuk diserap.

“Jika makanan mudah diserap, itu artinya meningkatnya gula darah lebih cepat. Tetapi sebaliknya, jika sulit untuk diserap maka meningkatnya gula darah akan lebih lama,” kata dr. Vania Utami dikutip prfmnews.id dari laman YouTube Vania Utami, Selasa, 26 Oktober 2021.

“Meningkatnya gula darah lebih cepat dan daya serapnya pun cepat, ini disebut dengan indeks glikemik tinggi, dan apabila peningkatan dan daya serap gula darahnya lambat serta butuh proses yang lama, ini dinamakan indeks glikemik rendah,” tambahnya.

Baca Juga: 5 Tanda Tubuh Anda Terlalu Banyak Minum Air

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x