Kemenhub dan AP 2 Ungkap Penyebab Penerbangan Pindah dari Bandara Husein ke Kertajati

- 28 Agustus 2023, 07:00 WIB
Rencana pemindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati Majalengka
Rencana pemindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati Majalengka /Dok BIJB Kertajati

PRFMNEWS – Rencana pemindahan beberapa rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka akan segera terlaksana.

Rencana penerbangan pesawat jenis jet dipindah ke Bandara Kertajati Majalengka dari Husein Sastranegara Bandung yang dijadwalkan mulai 29 Oktober 2023 ini sudah sejak lama diungkap Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tepatnya pada Juni 2019 lalu.

Sejumlah faktor penyebab pemindahan beberapa rute penerbangan domestik dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati juga sempat diterangkan Menhub dalam rapat tindak lanjut pengalihan penerbangan komersial pesawat jenis jet dari Bandung ke Kertajati, Selasa 18 Juni 2019 lalu.

Baca Juga: Tekan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak, Pemkot Bandung Perkuat Peran Puspel PP

Hingga terakhir, rencana penerbangan pesawat jet dipindah dari Bandara Husein ke Kertajati kembali diperkuat oleh pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peresmian Jalan Tol Cisumdawu, Selasa 11 Juli 2023.

Alasan pemindahan penerbangan ke BIJB Kertajati dari Bandara Husein sesuai rencana pemerintah juga sebelumnya diutarakan President Director PT Angkasa Pura II (AP 2) Muhammad Awaluddin pada Oktober 2019 lalu. AP 2 merupakan pengelola Bandara Husein Sastranegara Bandung

Pada rapat saat itu, Menhub Budi menjelaskan bahwa Bandara Husein memiliki beberapa kekurangan yang tidak bisa lagi ditanggulangi. Oleh sebab itu, untuk penerbangan jenis pesawat jet harus dipindahkan ke BIJB Kertajati.

Baca Juga: Tanpa Masinis, Operasional LRT Jabodebek akan Didampingi Train Attendant yang Punya Peran Penting

Budi menyatakan untuk ke depannya, Bandara Husein tetap akan dibuka untuk melayani penerbangan menggunakan jenis pesawat propeller (baling-baling) atau ATR.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x