Shelter Akan Segera Disiapkan, Menhub Minta Pemda Segera Siapkan Angkutan Darat ke Kertajati

- 31 Juli 2023, 13:00 WIB
Papan informasi di bagian luar BIJB Kertajati. BIJB siap Terbangkan Jamaah Umroh
Papan informasi di bagian luar BIJB Kertajati. BIJB siap Terbangkan Jamaah Umroh /Rizky Perdana

PRFMNEWS - Pada Oktober 2023 mendatang, penerbangan komersil dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung akan dipindahkan secara bertahap ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Karena itu, jelang pembukaan penerbangan reguler di Kertajati, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta semua pihak untuk melakukan persiapan termasuk mempersiapkan shelter untuk angkutan darat pendukung.

Kata Budi, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat telah berupaya memenuhi integrasi moda dari dan menuju Bandara Kertajati pada rute Kota Bandung dan Cirebon dengan angkutan bus maupun agen travel.

Baca Juga: Kemenhub Mulai Siapkan Integrasi Antarmoda dari dan Menuju BIJB Kertajati

Menurut Budi, pihaknya akan segera mempersiapkan shelter untuk angkutan darat dan dia juga meminta pemerintah daerah khususnya Pemprov Jabar untuk segera mengkurasi agen perjalanan dengan rute dari dan menuju Kertajati.

“Penyiapan shelter angkutan darat memerlukan waktu sekitar 3 sampai 4 bulan. Oleh karenanya saya minta Pemprov Jabar untuk membahas upaya integrasi dari Bandara Kertajati menuju Kota dan Provinsi lainnya maupun sebaliknya. Selain itu, saya juga meminta Pemprov Jabar mengkurasi agen perjalanan yang memiliki record bagus,” jelas Menhub.

Sekda Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja menyampaikan pihaknya telah berkoordinasi dengan beberapa pihak penyedia jasa angkutan darat untuk memenuhi integrasi antarmoda menuju Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, maupun Jawa Tengah.

Baca Juga: Penerbangan Bandara Husein Pindah ke Kertajati, Integrasi Transportasi Bandung-Cirebon-Jakarta Disiapkan

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x