Kemenhub Mulai Siapkan Integrasi Antarmoda dari dan Menuju BIJB Kertajati

- 31 Juli 2023, 09:00 WIB
BIJB Kertajati.
BIJB Kertajati. /BIJB/

PRFMNEWS - Persiapan perpindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka terus dimatangkan.

Pada Kamis, 27 Juli 2023 kemarin Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memimpin rapat membahas penyiapan integrasi antarmoda di Bandara Kertajati yang ditargetkan akan melayani penerbangan komersial reguler pada bulan Oktober 2023 mendatang.

Pertemuan dihadiri sejumlah pihak diantaranya yaitu: Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja, Direktur Utama PT. Sarana Multi Infrastruktur Edwin Syahruzad, Direktur Utama PT. BIJB Muhammad Singgih, Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi Endah, dan Direktur Utama PT. Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin.

Baca Juga: Kata DPRD Jabar soal Penerbangan Bandara Husein Pindah ke Kertajati dan Dukungan Tol Cisumdawu

Usai pelayanan penerbangan haji dan umroh, kini BIJB Kertajati siap melayani penerbangan reguler lainnya pada Oktober nanti, sehingga Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat mulai berupya memenuhi integrasi moda dari dan menuju Bandara Kertajati pada rute Kota Bandung dan Cirebon dengan angkutan bus maupun agen travel.

“Penyiapan shelter angkutan darat memerlukan waktu sekitar 3 sampai 4 bulan. Oleh karenanya saya minta Pemprov Jabar untuk membahas upaya integrasi dari Bandara Kertajati menuju Kota dan Provinsi lainnya maupun sebaliknya. Selain itu, saya juga meminta Pemprov Jabar mengkurasi agen perjalanan yang memiliki record bagus,” jelas Menhub.

Sekda Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja menyampaikan pihaknya telah berkoordinasi dengan beberapa pihak penyedia jasa angkutan darat untuk memenuhi integrasi antarmoda menuju Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, maupun Jawa Tengah.

Baca Juga: Tiket Bus Damri Rute Bandung - Bandara Kertajati Bisa Didapatkan di Terminal Cicaheum

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x