Kemendagri Harap Pemda Susun Perencanaan Gerakan Menanam dengan Baik untuk Kendalikan Inflasi

- 6 Mei 2024, 16:00 WIB
Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Tomsi Tohir saat memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah menyampaikan, perencanaan gerakan menanam dengan baik ini dibutuhkan untuk mengendalikan laju inflasi di daerah Senin, 6 Mei 2024.
Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Tomsi Tohir saat memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah menyampaikan, perencanaan gerakan menanam dengan baik ini dibutuhkan untuk mengendalikan laju inflasi di daerah Senin, 6 Mei 2024. /Puspen Kemendagri

PRFMNEWS - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus meminta pemerintah daerah (Pemda) untuk menyusun strategi guna mengendalikan inflasi.

Sebagai salah satu pengendalian inflasi, Kemendagri meminta Pemda dapat menyusun perencanaan gerakan menanam dengan baik.

Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Tomsi Tohir saat memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah menyampaikan, perencanaan gerakan menanam dengan baik ini dibutuhkan untuk mengendalikan laju inflasi di daerah.

"Ada beberapa hal yang dari minggu ke minggu yang perlu kita perhatikan bahwa Bapak/Ibu sekalian kepala daerah, kami sangat berharap bahwa upaya-upayanya bisa dari minggu ke minggunya semakin baik untuk melakukan perencanaan, terutama berkaitan dengan penanaman," ujarnya di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Senin, 6 Mei 2024.

Baca Juga: Inflasi April Kota Bandung Masih Terendah di Jawa Barat, Cek Data Lengkapnya di Sini

Tomsi menegaskan, gerakan menanam sejumlah komoditas harus direncanakan dengan baik agar dapat berjalan berkesinambungan. Beberapa daerah sudah melakukan penanaman, tapi hasilnya belum signifikan lantaran kurang terencana dengan baik. Hingga per 6 Mei 2024, baru 242 kabupaten/kota yang melaksanakan gerakan tersebut.

"Oleh sebab itu, dalam kesempatan yang berbahagia ini kami mengimbau [Pemda] untuk bisa melakukan suatu perencanaan," ujarnya.

Apabila dibutuhkan, lanjut Tomsi, Pemda dapat melibatkan pihak ketiga dalam menyusun perencanaan gerakan menanam. Ini khususnya terhadap penanaman sejumlah komoditas yang perlu menjadi perhatian, seperti bawang merah, cabai, dan jagung. Komoditas ini kerap mengalami kenaikan harga di banyak daerah, sehingga perlu upaya penanganan.

Baca Juga: Mendagri Ingatkan Daerah Jangan Terlena Meski Inflasi Nasional Terkendali

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah