Dampak Proyek Eskalator di Stasiun Senen, KAI Ubah Rute 21 Kereta Api Jadi Berhenti di Jatinegara

- 6 Mei 2024, 15:30 WIB
Suasana Stasiun Pasar Senen Jakarta.
Suasana Stasiun Pasar Senen Jakarta. /PT KAI/

PRFMNEWS – Pembangunan eskalator atau tangga berjalan pada jalur underpass (jalan bawah tanah) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, berdampak pada perubahan rute perjalanan 21 kereta api (KA) dari yang semula tidak berhenti untuk naik atau turun penumpang di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, kini menjadi berhenti.

Jadwal perubahan pola rute 21 kereta api jarak jauh menjadi berhenti di Stasiun Jatinegara akibat dampak pembangunan eskalator di Stasiun Senen diberlakukan PT KAI Daop 1 Jakarta mulai tanggal 6 Mei hingga 30 November 2024.

"Pembangunan eskalator di Stasiun Pasar Senen ada dua tahap. Tahap pertama dilakukan mulai 6 Mei 2024 akan memakan waktu sekitar 70 hari kalender. Sedangkan tahap kedua masih dalam pembahasan. Dari total pekerjaan pembangunan eskalator di Stasiun Pasar Senen yang butuh sekitar 300 hari kalender,” ucap Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Minggu 6 Mei 2024.

Lokasi pembangunan fasilitas di Stasiun Pasar Senen tersebut dilaksanakan pada underpass Pintu Masuk 2 menuju Jalur 3 dan Jalur 4 kereta api jarak jauh, serta pada underpass kedatangan pelanggan kereta api jarak jauh atau underpass keberangkatan/kedatangan KRL dari Jalur 6.

Baca Juga: Jelang Operasional Stasiun Karawang, KCIC Siapkan Akses Jalan dan Transportasi Umum Bagi Penumpang Whoosh

"Untuk (jalur masuk dari) Pintu Masuk 1 menuju Jalur 1 tetap normal, namun untuk keberangkatan di Jalur 3 dan Jalur 4 serta kedatangan ada pengalihan penumpang yang melewati underpass,” kata Ixfan.

Tujuan pembangunan eskalator tersebut, ucap dia, untuk mempermudah akses keberangkatan dan kedatangan, serta memberikan pelayanan maksimal kepada para penumpang KA jarak jauh dan kereta rel listrik (KRL) di Stasiun Pasar Senen.

“Pembangunan eskalator ini untuk meningkatkan pelayanan dan memudahkan penumpang disabilitas, maupun yang membawa koper, saat melalui underpass dan menuju peron di Jalur 3 dan Jalur 4,” terangnya.

Untuk memperlancar proses naik turun penumpang selama pembangunan eskalator, sebut Ixfan, dilakukan perubahan pola rute operasi dengan memberlakukan berhenti luar biasa (BLB) pada 17 KA antarkota keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen di Stasiun Jatinegara.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah