Jelang Operasional Stasiun Karawang, KCIC Siapkan Akses Jalan dan Transportasi Umum Bagi Penumpang Whoosh

- 29 April 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh di Karawang
Ilustrasi Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh di Karawang /Dok KCIC

PRFMNEWS - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memastikan sejumlah akses jalan dan layanan intermoda atau transportasi umum yang akan memudahkan penumpang Kereta Cepat Whoosh menuju dari/ke Stasiun Karawang, Jawa Barat.

Penyiapan sejumlah akses jalan menuju Stasiun Kereta Cepat Karawang, termasuk yang akan terkoneksi dengan ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) ini dipastikan akan segera diselesaikan sebelum stasiun tersebut dibuka melayani naik turun penumpang Whoosh.

Begitu pula dengan layanan angkutan umum terkoneksi Stasiun Kereta Cepat Karawang, KCIC memastikan segera merampungkan kerja sama dengan operator layanan berbagai transportasi umum agar intermoda ini bisa mempermudah penumpang Whoosh mengakses stasiun yang terletak antara Stasiun Halim dan Padalarang itu.

Baca Juga: Meski Belum Dibuka, Stasiun KCIC Karawang Saat ini Punya Peran Besar untuk Kelancaran Perjalanan Whoosh

Untuk menyiapkan operasional Stasiun Karawang sebagai salah satu lokasi naik turun penumpang Whoosh, KCIC bersama seluruh pemangku kepentingan terus meningkatkan aksesibilitas menuju stasiun tersebut di kawasan Trans Heksa Karawang (THK), Deltamas, serta Jalan Tol Japek.

"Nantinya, akan ada akses sepanjang sekitar 1,5 km dari THK dan Deltamas menuju Stasiun Karawang yang saat ini sedang dalam tahap akhir pembebasan lahan untuk selanjutnya memasuki tahapan persiapan konstruksi," kata GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa, Minggu 28 April 2024.

Sedangkan akses dari Tol Jakarta-Cikampek, ujar Eva, saat ini sedang dalam tahap pembebasan lahan dan pembangunan. Rencananya, pembangunan dilakukan pada tahun 2024 ini sebagai bagian dari proyek strategi nasional (PSN) dari pemerintah pusat.

“Dengan adanya akses tersebut, Stasiun Karawang akan terkoneksi dengan berbagai kawasan industri, perkotaan, dan pusat perbelanjaan,” ungkapnya.

Baca Juga: Pasca Gempa Garut, Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Dipastikan Tetap Normal dan Aman Bagi Penumpang

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x