Sebelum Bandung, Pembagian Makan Siang Gratis ke Sekolah Sudah Dilakukan IFSR di Sukabumi

- 15 Mei 2024, 06:40 WIB
Sejumlah siswa menunjukkan makanan gratis saat simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (29/2/2024). Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meyediakan 162 porsi dengan empat macam menu makanan sehat senilai Rp15 ribu per porsi pada simulasi program makan siang gratis itu. ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin
Sejumlah siswa menunjukkan makanan gratis saat simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (29/2/2024). Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meyediakan 162 porsi dengan empat macam menu makanan sehat senilai Rp15 ribu per porsi pada simulasi program makan siang gratis itu. ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin /SULTHONY HASANUDDIN/ANTARA FOTO

PRFMNEWS – Pelaksanaan uji coba program makan siang gratis di enam sekolah di Kota Bandung yang dilaksanakan oleh Indonesia Food Security Review (IFSR), sebelumnya sudah lebih dulu dilakukan di sekolah kawasan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar).

Uji coba program makan siang gratis oleh IFSR yang sejalan dengan program unggulan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Saat dijalankan di Kabupaten Sukabumi, program makan siang gratis ini dilakukan di sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Warungkiara.

"Presiden terpilih sudah berkomitmen terkait makan bergizi gratis di sekolah. Kita sudah running di Kecamatan Warungkiara Sukabumi sudah jalan hampir 5 bulan," kata Sekretaris Jenderal IFSR Alfatehan Septianta saat audiensi dengan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung di Balai Kota, Senin 13 Mei 2024.

Baca Juga: Bakal Ada Uji Coba Progam Makan Siang Gratis di Kota Bandung, 2.500 Porsi Disiapkan Setiap Hari

Pelaksanaan uji coba pembagian makan siang gratis di 6 sekolah wilayah Kota Bandung yang terdiri atas 5 sekolah dasar (SD) dan 1 sekolah menengah pertama (SMP), ujar Alfatehan, tidak akan jauh berbeda dengan yang telah dilakukan pihaknya di sekolah kawasan Warungkiara Sukabumi.

Alfatehan menerangkan pembagian makan siang gratis yang dinamai oleh IFSR sebagai program “Makan Bergizi Gratis di Sekolah” ini juga bagian dari dukungan terhadap Pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Ia menyebutkan dalam pelaksanaan program tersebut terdapat 6 aktivitas utama, yakni:

1. Pemberian makan dan susu gratis dan bergizi kepada siswa dan guru setiap hari ajar.
2. Penyuluhan terkait hidup sehat dan bergizi untuk keluarga.
3. Melakukan pengukuran dampak dan monitoring evaluasi.
4. Pemberdayaan komunitas sebagai pekerja pada program.
5. Pemberdayaan penyuplai bahan pangan lokal.
6. Manajemen daur ulang dan nol sampah.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah