Tanpa Masinis, Operasional LRT Jabodebek akan Didampingi Train Attendant yang Punya Peran Penting

- 27 Agustus 2023, 10:00 WIB
Kereta LRT (Light Rail Transit) melintas di Jakarta, Senin 17 Juli 2023
Kereta LRT (Light Rail Transit) melintas di Jakarta, Senin 17 Juli 2023 /ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

PRFMNEWS - LRT Jabodebek yang beroperasi pada akhir Agustus 2023 akan berjalan otomatis tanpa masinis karena menggunakan sistem kendali kereta berbasis komunikasi (CBTC: Communication Base Train Control) dengan Grade of Automation (GoA) tingkat 3.

Meski beroperasi tanpa masinis, ada petugas Train Attendant yang dihadirkan pada setiap perjalanan LRT Jabodebek. Pada setiap rangkaian, ditempatkan 1 Train Attendant yang bertugas.

Tugas dan peran Train Attendant LRT Jabodebek pun sangat penting. Mereka telah disiapkan oleh PT KAI selaku operator LRT Jabodebek untuk beberapa fungsi pelayanan hingga pengendalian kereta.

Baca Juga: Bayar USD200 Ribu, Donald Trump Hanya Ditahan 20 Menit di Penjara Fulton County

Sehingga tidak menutup kemungkinan Train Attendant ini juga berperan sebagai masinis ketika dalam kondisi darurat dimana perjalanan LRT Jabodebek mengalami gangguan.

“Pada saat terjadi gangguan perjalanan LRT Jabodebek, Train Attendant inilah yang akan mengambil alih kemudi LRT dengan kecepatan terbatas dan membuka tutup pintu LRT-nya,” ungkap KAI dalam penjelasan melalui video di salah satu unggahan akun Instagram resminya, Sabtu 26 Agustus 2023.

KAI menjelaskan bahwa keberadaan Train Attendant pada setiap perjalanan LRT Jabodebek adalah suatu aturan wajib yang tercantum dalam Keputusan Menteri Perhubungan (Menhub).

Baca Juga: TPA Sarimukti Terbakar, Ema Sumarna Dorong Operasional Legok Nangka hingga Jajaki Kerja Sama dengan TNI

“Berdasarkan Keputusan Menhub Nomor 17 Tahun 2017, dalam setiap rangkaian LRT Jabodebek yang beroperasi wajib ditugaskan 1 orang Train Attendant. Train Attendant bertugas memastikan segala sesuatu terkait LRT Jabodebek berjalan normal. Mereka juga akan siap memberikan informasi dan pelayanan kepada pelanggan,” jelas KAI.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x