Bawaslu: Jawa Barat Masuk 5 Besar Potensi Kerawanan Tinggi Pemilu

- 17 Desember 2022, 21:59 WIB
Ilustrasi pemilu.
Ilustrasi pemilu. /prfmnews

PRFMNEWS - Provinsi Jawa Barat masuk dalam lima besar Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 berdasarkan data dari Bawaslu.

Lima besar kategori rawan tinggi yaitu Jakarta dengan skor 88,95, Sulawesi Utara (87,48), Maluku Utara (84,86) Jawa Barat (77,04) dan Kalimantan Timur (77,04).

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty mengatakan, IKP menjadi basis untuk program pencegahan dan pengawasan tahapan pemilu dan pemilihan. Selain itu, IKP merupakan upaya Bawaslu dalam proyeksi dan deteksi dini terhadap potensi pelanggaran.

Baca Juga: Bawaslu Temukan 20 Ribu Lebih Data Pribadi Masyarakat Dicatut Parpol, Terkejut?

“Kami harap semua daerah tetap kondusif. Tidak terjadi hal-hal yang berpotensi mengganggu atau menghambat proses pemilu yang demokratis," kata Lolly dalam keterangannya, Jumat 16 Desember 2022.

Masuknya Jawa Barat ke dalam lima besar kerawanan tinggi Pemilu setelah Bawaslu melakukan pemetaan potensi Kerawanan di 34 provinsi dan 514 kabupaten dan kota seluruh Indonesia..

Ia menambahkan, isu terkait netralitas penyelenggara pemilu menjadi isu utama dari lima isu strategis yang terungkap dalam IKP 2024.

Baca Juga: Resmi Dirilis KPU, Berikut Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu 2024

Lolly menilai polemik netralitas menjadi pengalaman penting dalam menjada kemandirian dan profesionalitas dalam pelaksanaan tahapan pemilu kedepan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x