PSBB Bisa Tekan Angka COVID-19 Jika Dibarengi Kedisiplinan Warga

- 16 April 2020, 06:20 WIB
Pemeriksaan bagi kendaraan yang masuki wilayah Bodebek, di hari pertama penerapan PSBB, Rabu (15/4/2020).* HUMAS JABAR
Pemeriksaan bagi kendaraan yang masuki wilayah Bodebek, di hari pertama penerapan PSBB, Rabu (15/4/2020).* HUMAS JABAR /

BANDUNG,(PRFM) - Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) resmi diterapkan di wilayah Bogor-Depok-Bekasi (Bodebek). Maka dari itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Daud Achmad meminta seluruh masyarakat di wilayah Bodebek untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan demi menekan penyebaran COVID-19.

Adapun lima daerah di wilayah di Bodebek adalah Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, serta Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi.

Baca Juga: Gubernur Sebut Kebutuhan APD dan Masker di Jabar Akan Terpenuhi

Daud mengatakan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar sudah meninjau langsung pelaksanaan PSBB Bodebek di hari pertama.

Selain itu, Daud berujar bahwa Jasa Marga telah melaporkan terkait penurunan volume kendaraan hingga 50 persen dari Jakarta menuju Bogor dan sebaliknya melalui Pintu Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi).

"Mudah-mudahan PSBB di Bodebek bisa berjalan lancar karena ini salah satu cara, metode, untuk bisa mencegah penyebaran COVID-19. Sepanjang PSBB ini berjalan sesuai yang diharapkan, disiplin, pergerakan orang dikurangi, beberapa sektor pekerjaan ditutup, proyeksinya seharusnya angka penyebaran (COVID-19) bisa berkurang hingga 50 persen," tutur Daud dalam konferensi pers online dari Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (15/4/2020).

"Artinya, yang positif ini bisa menurun. Jadi misalnya sehari ada kenaikan 30 orang (positif), (dengan PSBB) seharusnya bisa menurun jadi 15 orang, dan terus menurun," tambahnya.

Baca Juga: KABAR BAIK: Tes Kedua Covid-19, Wander Luiz Dinyatakan Negatif

Untuk mewujudkan proyeksi tersebut, Daud kembali mengingatkan bahwa masyarakat harus disiplin dan taat terhadap aturan yang berlaku selama PSBB Bodebek.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x