Tolak UU Cipta Kerja, Buruh Kembali Ancam Mogok Kerja Serentak pada Hari Pahlawan

- 4 November 2020, 11:55 WIB
Ilustrasi penolakan omnibus law RUU Cipta Kerja.
Ilustrasi penolakan omnibus law RUU Cipta Kerja. /ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

PRFMNEWS - Buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) akan kembali berjuang dan turun ke jalan menyuarakan penolakan Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Rencananya, buruh tersebut akan melakukan aksi dan mengancam mogok kerja pada 10 November 2020, atau tepatnya saat peringatan Hari Pahlawan. Aksi ini akan dilakukan serentak.

"Kita Gerak akan memobilisasi masa pada tanggal 10 November, bahkan sampai tanggal 17 nanti akan melakukan gelombang masa di berbagai kota dan daerah," ujar Juru Bicara Gebrak, Nining Elitos saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Rabu 4 November 2020.

Baca Juga: Banyak Kesalahan Teknis di UU Cipta Kerja, Mensesneg: Tidak Berpengaruh Terhadap Implementasi UU

Aksi ini masih menjadi kelanjutan perjuangan buruh agar UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dibatalkan.

Pasalnya menurut Nining, UU tersebut cacat dan rusak. Bahkan UU ini dilahirkan bukan untuk rakyat kecil, tapi lebih kepada kepentingan pemodal dan oligarki yang ingin mengeksploitasi SDA dan SDM termasuk lingkungan.

"Coba cek saja di awal-awal di Pasal 5 dan 6 sangat tidak nyambung, bisa crosscheck juga di pasal-pasal lain, kemudian di bab Ketenagakerjaan sama sekali tidak menyentuh tetnang perlindungan peningkatan kesejahteraan dan ruang demokrasi bagi rakyat, begitu juga di sektor pertanahan, lingkungan, dan minyak gas," paparnya.

Proses legislasi yang serampangan itu pun dinilai melahirkan UU cacat formil yang akhirnya UU Cipta Kerja tersebut dianggap rusak.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x