Tinggal Tunggu Sertifikasi Halal, 9,1 Juta Warga Indonesia Bakal Disuntik Vaksin Corona

- 19 Oktober 2020, 17:13 WIB
Ilustrasi vaksin virus corona Covid-19.
Ilustrasi vaksin virus corona Covid-19. /Dok PRFM.

PRFMNEWS - Pemerintah Indonesia menargetkan 9,1 juta warga mendapat suntikan vaksin virus corona (Covid-19) secara gratis akhir November 2020.

Proses penyuntikan vaksin virus corona bagi jutaan warga Indonesia ini tinggal menunggu setifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

 

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto menyatakan, selain setifikasi halal dari MUI, realisasi rencana penyuntikan vaksin virus corona bagi 9,1 juta warga Indonesia juga bergantung pada penerbitan otorisasi penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca Juga: Mendagri: Cuti Bersama Jangan Menjadi Ajang Penularan Virus Corona

Mantan Jubir Penanganan Covid-19 Indonesia yang akrab disapa Yuri tersebut menyebutkan, perwakilan dari BPOM dan MUI saat ini masih berada di China untuk mendapatkan data mengenai vaksin virus corona dari produsen vaksin Sinovac, Sinofarm, dan Cansino.

"Perwakilan dari kedua lembaga tersebut masih berada di China untuk mendapatkan data mengenai vaksin serta melihat proses penyediaan bahan baku dan pembuatan vaksin guna memastikan keamanan dan kehalalannya," tuturnya seperti dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Senin 19 Oktober 2020.

Menurut Yuri, Pemerintah Indonesia akan menanggung biaya vaksinasi tahap pertama untuk 9,1 juta orang.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x