Download Gratis, Kemenag Siapkan Naskah Khotbah Jumat Periode Juli-Desember 2024 dengan 25 Tema Menarik

- 10 Mei 2024, 07:00 WIB
Ilustrasi Khotbah Jumat
Ilustrasi Khotbah Jumat /Instagram/Masjid Al-Lathiif/tangkapan layar

PRFMNEWS - Kementerian Agama (Kemenag) tengah menyiapkan naskah khotbah Sholat Jumat dengan 25 tema bervariasi untuk Juli hingga Desember 2024. Tema khotbah ini merujuk pada peristiwa besar dalam kalender Hijriah, peristiwa bersejarah bangsa Indonesia, hingga isu-isu kekinian seperti masjid ramah anak, difabel, dan lingkungan.

“Meskipun 25 tema khotbah Jumat telah disiapkan, penambahan tema yang relevan dan menarik dari penulis naskah khotbah masih dimungkinkan,” kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib, dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa 7 Mei 2024.

Naskah khotbah Jumat dengan 25 tema yang disiapkan Kemenag ini bisa di-download secara gratis sebagai bagian dari digitalisasi dalam pendistribusiannya. Selain itu, imbuh Adib, pihaknya akan mencetak naskah khotbah tersebut dalam bentuk buku saku agar memudahkan para khatib dalam menyusun materi ceramah.

"Nantinya, selain diunggah di ELIPSKI (Elektronik Literasi Kepustakaan Islam), materi 25 tema khotbah tersebut akan dicetak dalam bentuk buku saku dan akan disebar secara luas," tutur dia.

Menurut Adib, penyiapan 25 tema naskah khotbah untuk khatib Sholat Jumat ini merupakan bagian tak terpisahkan dari upaya Kemenag untuk meningkatkan literasi masyarakat dengan materi dakwah yang berkualitas.

Ia meyakini, naskah khotbah tersebut akan memberi manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, dan berdampak luas karena disampaikan di atas mimbar masjid yang dihadiri jemaah Jumat.

"Literasi adalah modal kemajuan bangsa. Bangsa yang literasi rendah sulit akan maju, akan mudah tersulut konflik. (Penyiapan naskah khotbah) Ini bagian dari peningkatan literasi masyarakat," terangnya.

Sementara itu, Kasubdit Kepustakaan Islam Nur Rahmawati menambahkan, naskah khotbah tersebut diharapkan sudah bisa disebarluaskan sebelum akhir Mei 2024.

"Tidak memerlukan waktu yang banyak, karena tidak melalui tahapan yang panjang," ungkap dia.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah