Dua Sirene Peringatan Dini Tsunami di Banten Berfungsi Lagi

- 2 Oktober 2020, 10:32 WIB
Ilustrasi tsunami.
Ilustrasi tsunami. /PEXELS/Jess Vide

PRFMNEWS - Dua sirene peringatan dini tsunami yang berada di Kecamatan Labuan dan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten yang sudah lama tidak berfungsi kini sudah kembali berfungsi seperti semula.

Dua sirene tersebut berfungsi lagi setelah diperbaiki oleh Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) pusat yang berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Banten beberapa waktu yang lalu.

"Ya, Alhamdulillah sudah berfungsi kembali setelah adanya koordinasi antara BPBD Banten dengan BMKG pusat," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten Nana Suryana, di Serang, Kamis (1/10/2020) malam dilansir prfmnews.id dari ANTARA.

Baca Juga: Tak Hanya di Pulau Jawa, Potensi Tsunami pun Bisa Terjadi di Sejumlah Wilayah di Indonesia

Untuk memastikan sirene itu berfungsi dengan baik BPBD sudah menguji coba dua sirine itu dari ruang kontrol yang berada di Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD Banten.

"Sudah kita coba, dan Alhamdulillah bunyi. Radiusnya suaranya kurang lebih sekitar 500 meter," ucapnya.

Sirene tersebut merupakan milik BMKG yang pengoperasiannya ada di BPBD Banten, sehingga ketika terjadi kerusakan maka BPBD tidak bisa memperbaiki secara langsung, hanya bisa berkoordinasi dengan BMKG untuk segera diperbaiki.

 

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x