Tegas, Menhub Siap Lakukan Pembenahan Buntut Tewasnya Taruna STIP Jakarta

- 10 Mei 2024, 10:00 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi kediaman Alm. Putu di Bali yang merupakan taruna STIP Jakarta yang tewas dianiaya seniornya.
Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi kediaman Alm. Putu di Bali yang merupakan taruna STIP Jakarta yang tewas dianiaya seniornya. /Kemenhub/

PRFMNEWS - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengambil tindakan tegas buntut dari tewasnya taruna Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta beberapa hari lalu.

Usai mengunjungi keluarga Alm. Putu Satria Ananta Rustika di Klungkung, Bali, pada Kamis, 9 Mei 2024 kemarin, Menhub tegaskan pihaknya akan mempercepat pembenahan di STIP.

Budi mengaku sangat menyesalkan adanya kekerasan di STIP yang mengakibatkan adanya taruna yang meninggal dunia secara tragis.

Dia pun meminta maaf kepada pihak keluarga Alm. Putu atas peristiwa kekerasan di STIP Jakarta yang menyebabkan meninggalnya taruna STIP tersebut.

Baca Juga: Mobil yang Kecelakaan di Jalan Tol Japek KM 58 Merupakan Travel Gelap, Kata Menhub

"Kami sangat menyesalkan terjadinya peristiwa kekerasan di STIP Jakarta. Ini menjadi duka yang mendalam dan menjadi sebuah titik bahwa kami harus melakukan perubahan. Kami akan melakukan pembaruan pada pendidikan vokasi di bawah naungan Kementerian Perhubungan," ujar Menhub.

Dalam jangka pendek, Kemenhub akan menerapkan moratorium penerimaan taruna di STIP dan mengoptimalkan penerimaan taruna di sekolah pelayaran lainnya di bawah Kementerian Perhubungan.

"Selain itu juga melarang berbagi aktivitas yang dapat mendorong celah terjadinya perundungan, termasuk salah satunya menghilangkan kepangkatan dan sebutan senior dan junior di dalam sekolah," imbuhnya.

Lalu dalam jangka menengah, laporan-laporan berbasis digital yang mengurangi interaksi fisik akan dioptimalkan, dengan meningkatkan kualitas pengasuh taruna, serta pemisahan interaksi taruna antar angkatan dan menghilangkan atribut seragam.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah