Kenalan dengan Salsabilla Rasika, Wisudawan Teman Tuli ITB dari Jurusan DKV

- 23 Juli 2022, 20:59 WIB
Salsabilla Rasika, Wisudawan Teman Tuli DKV ITB yang Menginspirasi.
Salsabilla Rasika, Wisudawan Teman Tuli DKV ITB yang Menginspirasi. /Dok ITB

PRFMNEWS - Sebanyak 2.050 wisudawan mengikuti Wisuda Juli ITB Tahun Akademik 2021/2022.

Dari ribuan wisudawan itu, terdapat satu wisudawan dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) yang memiliki pengalaman menarik dan menginspirasi.

Dia adalah Salsabilla Rasika Sumekto, mahasiswa (alumni) jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) ITB yang merupakan mahasiswa berkebutuhan khusus karena hanya mampu mendengar suara di atas 90-110 desibel sejak lahir.

Namun hal itu tidak membuat Salsabila Rasika berhenti untuk terus melaju hingga garis final perkuliahan.

Baca Juga: GRATIS Naik Bus TransJakarta ke JIS Nonton Konser dan Laga Persija vs Chonburi FC, Ini Jadwal dan Rutenya

Dalam tugas akhirnya, Salsabilla mengangkat tema mengenai budaya tuli di Indonesia. Ia mengaku terinspirasi dari berbagai pengalaman pribadinya sendiri yang kemudian ia visualisasikan. Salsabilla membuat karya buku ilustrasi landscape lengkap dengan hardcover berukuran A4.

Isinya merupakan kompilasi ilustrasi yang memberikan pemahaman mendalam tentang budaya tuli sehingga bisa bersifat edukasional.

Tugas akhirnya tersebut cukup otentik karena dibuat dari perspektif seorang teman tuli, hal itu karena kebanyakan karya DKV lain bertemakan “tuli” dibuat berdasarkan perspektif seseorang yang dapat mendengar.

Salsabilla mengaku tidak ada kendala dari segi teknik visualisasi karya tugas akhirnya. Alih-alih menurutnya, hal yang cukup sulit adalah mencari sumber literatur yang spesifik dengan karakter bangsa Indonesia secara kredibel. Hal itu menyebabkan adanya kendala dalam wawancara dengan teman-teman tuli untuk penelitiannya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x