Viral Fenomena Lubang Misterius di Tanah Sawah di Cikalongwetan Bandung Barat, Pakar ITB Beri Penjelasan

- 3 Juni 2022, 09:00 WIB
Lubang misterius di Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat.
Lubang misterius di Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat. /BPBD Kabupaten Bandung Barat

PRFMNEWS – Baru-baru ini viral di media sosial penampakan fenomena lubang misterius pada tanah sawah di Kampung Cigondok, Desa Mandalamukti, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat yang terjadi pada Senin, 30 Mei 2022.

Kemunculan lubang misterius secara tiba-tiba di lahan persawahan di Cikalongwetan Bandung Barat dengan diameter 1 meter dan kedalaman 10 meter itu membuat warga sekitar lokasi heboh dan mempertanyakan penyebab fenomena tersebut bisa terjadi.

Pakar Geodesi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Dr Heri Andreas yang mengetahui kabar kemunculan lubang misterius di tanah sawah kawasan Cikalongwetan Bandung Barat itu berikan penjelasan.

Baca Juga: Robert Alberts Alami Demam Berdarah, TC Persib di Batam Tetap Berjalan Normal

Menurut Heri, fenomena tanah berlubang atau disebut ‘sinkhole’ seperti yang terjadi di Cikalongwetan, Bandung Barat lazim terjadi di kawasan pegunungan.

“Fenomena sinkhole terjadi akibat adanya gerusan air di bawah tanah terhadap lapisan kapur yang menyebabkan rongga. Untuk di Jawa Barat, lapisan kapur itu kerap ditemui di pegunungan hingga pesisir pantai,” ujarnya, dikutip prfmnews.id dari laman ANTARA pada Jumat, 3 Juni 2022.

Ia melanjutkan, sinkhole juga biasa terjadi di daerah yang di atas titik kemunculannya ada pemukiman, pertanian, atau area lain yang kerap adanya aktivitas rutin manusia di lokasi tersebut.

Baca Juga: Polisi Ungkap Kasus Dukun Palsu dengan Kerugian Korban Capai Rp70 Juta hingga Berujung Pencabulan

Heri menyebut, sinkhole di Cikalongwetan itu juga diduga disebabkan karena adanya lapisan kapur di bawah tanah yang berongga. Kasus tersebut diduga disebabkan oleh adanya air yang masuk ke lapisan tersebut.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x