Ada Pihak Giring Opini Liar soal OTT Wali Kota Bekasi, KPK Sayangkan Itu : Kami Khawatir

- 10 Januari 2022, 20:40 WIB
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengenakan rompi tahanan KPK usai diperiksa di gedung KPK, Jakarta, Kamis 6 Januari 2022.
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengenakan rompi tahanan KPK usai diperiksa di gedung KPK, Jakarta, Kamis 6 Januari 2022. /Antara/Hafidz Mubarak A/


PRFMNEWS - Ditangkapnya Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi oleh KPK ternyata ada pihak-pihak yang malah menggiring opini lain termasuk isu-isu politik.

Terkait ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sangat menyayangkan adanya pihak yang malah menggiring ke opini produktif.

"Sebagian besar masyarakat mendukung langkah sigap KPK ini sebagai bentuk ikhtiar pemberantasan korupsi yang tanpa pandang bulu. Di lain sisi, masih saja ada pihak-pihak yang mencoba menggiring opini kontraproduktif dalam proses penegakan hukum yang tengah dilakukan KPK," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya di Jakarta, Senin 10 Januari 2022.

Baca Juga: Sempat Terjaring OTT bareng Wali Kota Bekasi, 5 Orang ini Dilepaskan KPK

Ali Fikri khawatir, munculnya opini-opini liar di publik dari OTT Rahmat Effendi itu akan mengkorupsi hak publik untuk mengetahui informasi sebenarnya.

"Kami khawatir, narasi yang bertolak belakang dengan fakta-fakta hukum di lapangan justru akan mengkorupsi hak publik untuk mengetahui informasi yang sebenarnya," ujar Ali.

Ia mengatakan lembaganya ingin meyakinkan kepada masyarakat bahwa pemberantasan korupsi oleh KPK menjunjung tinggi azas dan norma hukum yang berlaku.

Baca Juga: KPK Lakukan OTT Terhadap Sosok Pejabat yang Diduga Lakukan Korupsi di Bekasi, Siapa Dia?

Dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya, KPK berpedoman pada azas-azas kepastian hukum, keterbukaan, akuntabilitas, kepentingan umum, proporsionalitas, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

"Sehingga KPK tidak mungkin melakukan tebang pilih dalam melakukan penegakan hukum pemberantasan korupsi," kata dia.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x