Berikut Sejumlah Manfaat Kesehatan dari Menyanyi

- 20 November 2020, 19:15 WIB
Ilustrasi bernyanyi.
Ilustrasi bernyanyi. /pixabay.com/sammy-williams

PRFMNEWS - Menyanyi merupakan aktivitas yang dilakukan oleh seseorang baik dilakukan sendiri maupun bersama dengan orang lain. Menyanyi adalah alat komunikasi yang dilakukan lewat suara yang memiliki nada–nada dan irama yang unik baik diiringi dengan alat musik maupun tidak.

Dilansir prfmnews dari Take Lesson berikut ini sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh yang diperoleh melalui bernyanyi.

Baca Juga: Minyak Zaitun Vs Minyak Sayur, Pilih Mana?

  1. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Sebuah penelitian dari Universitas Frankfurt menguji darah dari para anggota paduan suara. Pengujian darah tersebut dilakukan sebelum dan sesudah latihan menyanyi lagu Mozart. Secara signifikan Immunoglobulin dalam tubuh meningkat setelah bernyanyi. Immunoglobulin merupakan protein yang bermanfaat sebagai antibodi.

  1. Sebuah Latihan Olahraga

Menyanyi dapat dijadikan sebagai bentuk latihan olahraga yang dapat dilakukan Bernyanyi dengan teknik vocal yang benar dan tepat dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Ketika bernyanyi, paru – paru akan melakukan latihan pernafasan. Pada saat bernyanyi diafragma akan menguat serta dapat merangsang sirkulasi pernafasan. Sebab menyanyi mengatur pernafasan seperti menghirup lebih banyak oksigen yang ada.

Baca Juga: Mendagri Minta Lakukan Ini untuk Cegah Klaster Baru di Dunia Pendidikan saat KBM Tatap Muka

  1. Meningkatkan Postur Tubuh

Bernyanyi dengan posisi berdiri yang tegak merupakan bagian dari teknik menyanyi yang benar. Pada saat menyanyi, rongga dada akan menjadi mengembang dan punggung serta bahu akan menjadi tegap. Hal tesebut akan dapat membantu dalam memperbaiki atupun menjaga agar postur tubuh menjadi baik.

  1. Membantu untuk Tidur Nyenyak

Para ahli meyakini bahwa menyanyi dapat membantu dalam mendapatkan tidur yang nyenyak. Otot–otot dan langit–langit tenggorokan akan terbantu untuk menjadi kuat berkat menyanyi. Sehingga hal tersebut memberikan efek yang baik dalam tidur untuk membantu agar berhenti berdengkur dan sleep anea.*** (Dwi Nurul Hasanah/JOB)

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x