5 Tips Membantu Anak Menghadapi Pikiran Negative dan Tekanan Mental

- 19 November 2020, 16:24 WIB
Pasien depresi/ENDAH ASIH LESTARI/PR
Pasien depresi/ENDAH ASIH LESTARI/PR /ENDAH ASIH/

PRFMNEWS - Tidak bisa dipungkiri bahwa kasus bullying terus merajalela dikalangan anak–anak. Baik itu dilakukan pada dunia nyata maupun dunia maya.

Akibat dari pembullyingan cukup berbahaya bagi kesehatan mental anak. Bahkan tidak jarang anak–anak memiliki pikiran negatif, sehingga dapat melakukan tindakan kurang terpuji karena hal tersebut.

Untuk mencegah dan menangani hal tersebut orang tua dapat melakukan hal berikut ini yang dilansir prfmnews.id dari India Today.

Baca Juga: Janji Bakal Penuhi Panggilan Bareskrim Polri, Gubernur Ridwan Kamil: Jabar dan DKI Itu Berbeda

  1. Luangkan Waktu Keluarga

Sebagai orang tua meluangkan waktu untuk keluarga adalah suatu keharusan. Sesibuk apapun orang tua perlu untuk memberikan waktu luang bersama dengan keluarga. Dengan meluangkan waktu bersama keluarga, anak akan merasakan bahwa sesibuk apapun orang tuanya tetap ada untuk mereka.

  1. Berbicara

Ketika orang tua melihat gejala depresi pada anak seperti perubahan perilaku, nafsu makan, pola tidur dan perilaku lainnya yang berbeda dari anak. Maka perlu untuk menanyakan penyebabnya. Jangan terlambat untuk menanyakan hal tersebut. Bicaralah dengan baik–baik dalam keadaan yang tenang.

  1. Pergi Konseling

Jika memang diperlukan maka jangan ragu untuk mencari bantuan kepada ahlinya. Orang tua dapat mengunjungi psikolog anak ataupun terapis. Selain itu orang tua dapat melakukan konselling kepada guru BK ataupun wali kelas anak.

Baca Juga: Ribuan UMKM di Kota Bandung Terancam Batal Dapatkan Bantuan Sosial

  1. Ciptakan Lingkungan Sehat

Menciptakan lingkungan sehat dilakukan dimulai dari rumah. Rumah dengan suasana yang baik akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi sang anak. Jangan sekalipun orang tua melampiaskan rasa frustasi yang sedang ia hadapi kedalam rumah.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x