Apakah Benar Pria yang Hobi Selingkuh Memiliki IQ Jongkok? Ini Penjelasannya

- 14 Oktober 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi selingkuh
Ilustrasi selingkuh /Pixabay/Bingodesigns

PRFMNEWS - Penelitian sebut pria yang selingkuh rupanya memiliki Intelligence Quotient (IQ) yang lebih “jongkok” dibandingkan pria yang setia pada pasangannya. Karena itu, peneliti percaya bahwa kesetiaan merupakan salah satu bentuk kecerdasan.

Teori tersebut pun dikemukakan oleh penelitian Dr Satoshi Kanazawa pada 2010 lalu seperti dikutip dari Daily Mail.

Seorang psikolog evolusioner dari London School of Economics and Political Science Satoshi Kanazawa mengatakan, semakin cerdas seorang pria, semakin kecil kemungkinan dia untuk berselingkuh dari pasangannya.

Baca Juga: Shopee 10.10 Brands Festival Bikin Brand Lokal & UMKM Rasakan Peningkatan, Penjualan Lebih dari 9 Kali Lipat

Teorinya didasarkan pada pernyataan bahwa sepanjang sejarah evolusi, pria memang tidak mudah menjalani hubungan monogami.

Sebagai bagian dari penelitian dia menganalisis dua survei besar di Amerika Serikat yang secara tegas memperlihatkan perilaku sosial dan IQ dari ribuan remaja serta orang dewasa.

Dari hasil analisa tersebut Satoshi menyimpulkan analisi empiris menunjukkan, Pria denga IQ tinggi lebih menghargai monogami dan kesetiaan terhadap pasangan dibandingkan pria yang memiliki IQ rendah.

Baca Juga: Puluhan Warga Palestina Tewas dalam Serangan Darat Israel Saat Melarikan Diri ke Gaza Selatan

Terdapat pula penelitian serupa yang telah dilakukan pada 1996 lalu. Ditemukan, pria dengan IQ rendah cenderung memiliki kualitas hubungan yang lebih rendah dan kurangnya komitmen terhadap pasangan mereka. Mereka cenderung lebih impulsif, kurang mampu mengendalikan nafsu, dan kurang memperhatikan konsekuensi dari tindakan selingkuh bagi hubungan mereka.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x