Ribuan UMKM di Kota Bandung Terancam Batal Dapatkan Bantuan Sosial

- 19 November 2020, 15:59 WIB
Perhatikan 2 Hal Ini Sebelum Daftar BLT UMKM Rp 2,4 Juta, Mungkin Ini Penyebab Kamu Gagal
Perhatikan 2 Hal Ini Sebelum Daftar BLT UMKM Rp 2,4 Juta, Mungkin Ini Penyebab Kamu Gagal /Dok PRFM.

PRFMNEWS - Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Bandung mencatat, sebanyak 150.557 pelaku UMKM telah diusulkan mendapatkan bantuan sosial sebesar Rp2,4 juta dari Kementerian Koperasi UMKM. Dari jumlah tersebut, sekira 56.017 pelaku UMKM sudah mendapatkan bantuan.

Sementara sisanya sekira 94.540 pelaku UMKM lainnya hingga kini belum cair, dan terancam batal dapat bantuan.

Kepala Bidang UMKM pada Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung Eri Nurjaman mengatakan, pelaku UMKM yang belum mendapatkan bantuan masih berpeluang mendapatkan bantuan tersebut hingga akhir Desember 2020.

"Tahap pertama sudah mengusulkan 150.557 lebih sedangkan yang sudah cair kurang lebih 56.017. Sisanya masih belum terealisasi 94.540 orang lebih, tapi kami tidak bisa memastikan apakah mereka semua (yang belum dapat) akan dapat bantuan.  Kami berharap semua dapat,” ujar Eri di Balai Kota Bandung, Kamis 19 November 2020.

Baca Juga: Cegah Covid-19, KPU Ini Larang Pemilih Celupkan Jarinya ke Tinta

Eri mengutarakan, pihaknya sendiri belum mendapatkan data konkret nama dan alamat pelaku UMKM yang sudah menerima bantuan atau pun yang belum. Menurutnya, pelaku UMKM yang belum mendapatkan bantuan saat ini bisa jadi sudah menerima bantuan tersebut.

"InsyaAllah, harapan kita semua terealisasi.  Kewenangan kami mengusulkan data, tidak menjamin akan berhasil atau tidak. Kami mengusulkan, kementerian mengecek layak atau tidak. Kepastian dari kementerian, totalnya Rp2,4 juta," paparnya.

Ia mengatakan, pada tahap pertama terdapat permasalahan yang muncul dalam proses pendaftaran dan pengusulan pelaku UMKM yang menerima bantuan. Menurutnya, banyak yang bermasalah pada NIK KTP dan KK yang berbeda maupun mereka yang mendapatkan bantuan namun tidak mendapatkan notifikasi sms dari kementerian.

Baca Juga: Dilakukan Secara Online, Ini Link Pendaftaran Tahap 2 Bantuan UMKM Rp2,4 Juta Kabupaten Bandung

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x