Presiden Jokowi: Prioritaskan Membeli Produk Dalam Negeri, Khususnya UMKM!

- 18 November 2020, 17:10 WIB
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). //Twitter //@jokowi

PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya, lembaga-lembaga, dan pemerintah di daearah untuk dapat memprioritaskan penggunaan produk-produk dalam negeri, terutama usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Hal itu guna menghasilkan nilai tambah bagi masyarakat.

Ia menambahkan, pengadaan barang dan jasa pun harus mengutamakan penggunaan produk dalam negeri.

Peningkatan tingkat komponen dalam negeri (TKDN), sambungnya, harus dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan, bukan sekadar pelengkap syarat dalam proses pengadaan barang dan jasa.

Baca Juga: Jelang Pencoblosan, Distan Kabupaten Bandung Nyatakan Siap Lakukan Penyemprotan Disinfektan di TPS

“Prioritaskan untuk membeli produk-produk dalam negeri, khususnya produk UMKM pada belanja kementerian, belanja lembaga, belanja di pemerintah daerah. Tingkatkan sebesar-besarnya angka TKDN,” kata Presiden dalam siaran pers, Rabu 18 November 2020.

Selain itu, pembelian produk dalam negeri dan peningkatan TKDN, dinilai Jokowi akan menciptakan multiplier effect yang besar terhadap pergerakan ekonomi di daerah maupun nasional. 

“Jutaan tenaga kerja dan keluarganya juga menggantungkan hidupnya pada keberlangsungan industri dalam negeri dan sektor UMKM kita,” tegas Jokowi.

Baca Juga: Lurah Petamburan Positif Corona, Polisi Gagal Mintai Keterangan Soal Pernikahan Putri Rizieq Shihab

Lebih lanjut, Presiden meminta Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk aktif memasukkan produk-produk UMKM yang memenuhi syarat dalam e-katalog. 

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x