Berikut 5 Tips Menata Ruang Tamu Agar Terlihat Nyaman

- 19 November 2020, 16:32 WIB
BEBERAPA sudut rumah pasangan Sweta Kartika dan Imania Eka Diyanti di Sariwangi, Kabupa­ten Bandung Barat (dari atas searah jarum jam) ruang tamu dan dapur, kamar, ­dapur, serta balkon. Untuk mengisi rumah seluas 45/95 meter persegi, Imania berpikir hemat bahwa di rumah kecil tidak dibutuhkan terlalu banyak barang.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
BEBERAPA sudut rumah pasangan Sweta Kartika dan Imania Eka Diyanti di Sariwangi, Kabupa­ten Bandung Barat (dari atas searah jarum jam) ruang tamu dan dapur, kamar, ­dapur, serta balkon. Untuk mengisi rumah seluas 45/95 meter persegi, Imania berpikir hemat bahwa di rumah kecil tidak dibutuhkan terlalu banyak barang.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR /Armin Abdul Jabbar/

PRFMNEWS - Ruang tamu menjadi salah satu ruangan paling krusial di rumah. Ruangan tersebut biasanya menjadi pusat perhatian dan kenyaman orang yang berkunjung ke rumah.

Berbicara ruang tamu, sebagian orang mungkin kerap kesulitan dalam menata ruang tamu agar eye catching dan nyaman. Untuk Anda yang masih bingung, dikutip dari Crate&Barrel, berikut beberapa tips dalam menata ruang tamu.

  1. Ketahui Ukuran Ruang Tamu dan Buat Denah

Sebelum menata ruang tamu penting untuk mengatahui ukurannya lebih dulu. Ukur ruang tamu dari dinding ke dinding, perhatikan panjang dan lebar ruangan.

Setelah Anda mengetahui ukuran ruang tamu, buatlah sketsa pada sebuah denah dengan menggunakan skala. Dengan mengetahui ukuran ruang tamu dan membuat denah, ini akan memudahkan Anda menentukan dan menata furniture.

Baca Juga:  5 Tips Membantu Anak Menghadapi Pikiran Negative dan Tekanan Mental

  1. Tentukan Titik Fokus

Untuk memudahkan perencanaan dan penataan ruangan, tentukan titik fokus lebih awal. Titik fokus ini akan akan sangat membantu dalam menata furniture, seperti sofa, lemari, meja dan televisi.

Sebuah catatan, jika Anda ingin menghadirkan televisi di ruang tamu, perhatikan jarak menonton yang baik.  Jarak menonton televisi standar adalah 8 hingga 12 kaki, dan sudut pandang tidak lebih dari 30 derajat.

  1. Perhatikan Penataan Sofa dan Meja

Setelah menentukan titik fokus, langkah selanjutnya dalah mulai menata furniture seperti lemari, sofa dan meja. Sebuah trik paling mendasar, letakanlah meja utama di tengah-tengah sofa.

Untuk memudahkan menjangkau suatu barang, seperti remote TV, makanan dan minuman, letakan meja dengan jarak 18 inci dari sofa.  Dan untuk mempermudah akses atau orang bergerak, beri jarak setidaknya 30 inci antar furniture.

Halaman:

Editor: Haidar Rais

Sumber: Crate&Barrel


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x