Termasuk Meredakan Nyeri Haid, Ini 6 Manfaat dari Jahe

- 17 November 2020, 20:52 WIB
ILUSTRASI jahe.*
ILUSTRASI jahe.* /Pixabay

PRFMNEWS - Jahe menjadi salah satu rempah-rempah yang sering digunakan untuk obat alami. Berbagai kandungan di dalam Jahe dapat bermanfaat bagi kesehatan. Dilansir prfmnews dari Insider berikut ini manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari Jahe.

1. Mencegah Stres Oksidatif
Stres oksidatif berkaitan dengan penyakit kanker, diabetes dan stroke. Stres oksidatif dapat timbul akibat dari banyaknya radikal bebas yang menumpuk pada tubuh. Pada jahe mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan pada jahe tersebut dapat mencegah dari stres oksidatif.

2. Anti-Inflamasi
Jahe dapat meredakan nyeri dan peradangan pada tubuh. Bahkan peradangan kronis sekalipun dapat diobati dengan jahe. Sebuah penelitian pada penderita osteoarthritis jahe dapat meredakan nyeri yang terjadi pada lutut akibat dari peradangan.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh

3. Mengobati Mual
Senyawa gingerol yang terdapat pada jahe dapat membantu dalam mengurangi gejala mual dan muntah. Selain itu jahe juga dapat menenangkan perut ketika mengalami mual. Bahkan bagi ibu hamil jahe ini sebagai obat herbal yang efektif dalam mengobati rasa mual yang terjadi di kala pagi.

4. Meredakan Nyeri Haid
Sebuah studi membuktikan bahwa pada jahe berpengaruh pada wanita yang mengalami nyeri haid. Nyeri yang dialami selama siklus menstruasi menjadi reda. Sebab jahe dapat menekan penyebab nyeri haid dari rahim yang berkontraksi.

Baca Juga: Beragam Manfaat Minum Susu, Sehatkan Tulang dan Bisa Cegah Obesitas

5. Mengatur Kadar Gula Darah
Beberapa studi mengemukakan bahwa jahe memiliki manfaat bagi kadar gula darah. Seperti studi yang terdapat pada jurnal Iran pada tahun 2015. Studi tersebut menemukan bahwa jahe mampu meningkatkan indikator gula darah pada penderita diabetes 2. Temuan lainnya terdapat pada Studi di tahun 2018 bahwa jahe memiliki efek baik bagi wanita penderita diabete gestasional.

6. Mengobati Gangguan Pencernaan
Di dalam pencernaan terdapat enzim yang mampu memindahkan makanan ke seluruh tubuh dengan cepat. Hal tersebut memiliki fungsi dalam memecah dan membuang gas. Enzim tersebut akan dirangsang oleh jahe sehingga dapat mengatasi masalah pencernaan. (Dwi Nurul Hasanah/JOB)***

Editor: Rizky Perdana

Sumber: Insider


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x