Hati-hati, Beberapa Produk Dalam Rumah Ini Bisa Berbahaya Bagi Ibu Hamil

- 17 November 2020, 18:11 WIB
Ilustrasi ibu hamil.
Ilustrasi ibu hamil. /PEXELS/Leah Kelley

PRFMNEWS - Kehamilan adalah momen bahagia yang dinantikan oleh setiap keluarga. Maka perlu diperhatikan barang-barang atau produk di dalam rumah bisa membahayakan bagi ibu hamil.

Untuk menghindari risiko tersebut, berikut ini beberapa hal yang ada di dalam di rumah yang perlu dihindari, sebagaimana dilansir prfmnews dari Times of India.

1. Produk Berbahan Plastik
Ftalat adalah salah satu bahan kimia yang terdapat pada plastik. Ftalat memiliki bahaya yang dapat menyebabkan komplikasi pada bayi yang cukup parah. Selain itu ftalat dapat menimbulkan pengaruh pada pertumbuhan reproduksi bayi.

2. Kosmetik
Beberapa produk kosmetik memiliki bahan kimiaawi yang tidak baik bagi kesehatan ibu hamil. Risiko yang dapat dialami yaitu kecacatan dan kelainan pada sang bayi.

Hal lainnya yaitu berbahaya bagi kesehatan mental dan berat badan bayi pada saat lahir. Kosmetik juga dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes gestasional.

Baca Juga: Intip Tren Bersepeda, Olahraga Populer di Kala Pandemi

3. Obat Pengusir Nyamuk dan Pembersih
Produk sehari-hari seperti obat pengusir nyamuk dan pembersih dapat menimbulkan resiko berbahaya bagi ibu hamil. Kandungan DEET dan bahan kimia lainnya pada obat nyamuk dapat menyerap hingga kedalam kulit.

Hal tersebut dapat berbahaya bagi perkembangan bayi selama beberapa bulan pertama. Sehingga cara aman yang dapat dilakukan adalah gunakan obat nyamuk yang alami bagi kulit.

Pemutih, Bola Naftalena, dan Aseton merupakan produk pembersih yang perlu dihindari ketika masa kehamilan. Bahkan anak di bawah umur 3 tahun pun tidak diperbolehkan untuk menyentuh produk tersebut.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: Times of India


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x