Jangan Disepelekan! Ternyata Posisi Tidur Pengaruhi Kesehatan Kulit

- 13 Oktober 2020, 11:00 WIB
Ilustrasi tidur.
Ilustrasi tidur. /pexels.com/Ivan Oboleninov

PRFMNEWS - Tidur menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi setiap harinya. Sebab tidur menjadi waktu untuk tubuh dan kulit istirahat setelah seharian beraktivitas.

Untuk dapat tidur nyenyak, setiap orang memiliki posisi tidur yang beragam. Secara umum orang biasanya tidur dengan posisi miring, tengkurap, dan telentang.

Namun tahukah kamu, ternyata posisi tidur dapat mempengaruhi keshatan kulit lho! Seperti dikutip prfmnews.id dari India Times, berikut ulasannya:

Baca Juga: Demokrat Dituding Tunggangi Demo UU Cipta Kerja, Begini Jawaban SBY

1. Tengkurap
Sebagian orang menyukai tidur dengan posisi badan dan muka menghadap ke kasur dan batal. Posisi tidur ini memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan kulit maupun tubuh.
Saat tidur dengan posisi tengkurap, kulit dan tubuh keseulitan bernafas. Posisi ini mendorong seluruh wajah ke bantal, yang menghalangi folikel kulit. Ini menyebabkan pori-pori tersumbat, garis-garis kerutan, mata bengkak dan kantung mata.

2. Miring atau Kesamping
Sebagian orang menyukai posisi tidur miring ke kiri atau ke kanan. Saat tidur dengan posisi ini salah satu sisi wajah akan mengenai batal, sehingga menyebabkan tekanan di salah satu sisi.

Tidur dengan posisi miring ini dapat memicu timbulnya kerutan dan mengurangi kinerja produk perawatan kulit yang dipakai karena menempel pada bantal. Selain itu bakteri pada bantal juga berpotensi memicu timbulnya permasalahan kulit.

Baca Juga: Jadi Bagian Penting untuk Pertumbuhan Ekonomi, DPR Dorong Tol Cisumdawu Segera Selesai

3. Telentang
Tidur dengan posisi telentang diyakini sebagai posisi tidurpaling ideal. Sebab ketika tidur dengan posisi menghadp ke langit-langit atau ke atas, kulit ataupun tubuh dapat bernafas dengan bebas.

Tidur dengan posisi telentang, kulit akan menjadi lebih muda, lebih halus dan memiliki sedikit garis kerutan. Selain itu, ketika tidur dengan posisi ini kulit tidak akan menyentuh sarung bantal, menghindari pertukaran minyak atau kotoran sehingga dapat mencegah iritasi atau jerawat.

Halaman:

Editor: Rifki

Sumber: India Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah