Suka Menulis? Ini Dia 5 Kiat Agar Giat Menulis

- 11 Oktober 2020, 20:20 WIB
Ilustrasi Menulis/pexels/
Ilustrasi Menulis/pexels/ /pexels



PRFMNEWS - Menulis adalah kegiatan menuangkan ide/gagasan dengan kemampuan yang kompleks melalui aktivitas yang aktif produktif dalam bentuk simbol huruf dan angka secara sistematis sehingga dapat dipahami oleh orang lain.

Banyak yang menjadikan menulis sebagai hobi atau hanya sebagai untuk menghilangkan kebosanan.

Manfaat dari menulis ialah dapat menambah pengetahuan, membagikan pengetahuan pada orang lain, memperluas pertemanan dan lain-lain.

Baca Juga: Cara Lain Mengatasi Gatal Tanpa Menggaruknya

Namun saat kita sedang menulis pasti sering merasakan hilang motivasi. Tak usah khawatir, berikut 5 kiat menambah motivasi menulis.

1. Tentukan tujuan menulis

Memiliki tujuan menulis akan menumbuhkan kembali semangat menulis. Jika tidak memiliki tujuan, anda akan cepat bosan dan akan berhenti menulis. 

Tentukanlah tujuan anda untuk menulis, jika perlu tulis dan tempelkan di tempat yang sering anda lihat.

2. Buatlah suasana yang mendukung

Berada di zona yang mendukung akan menumbuhkan motivasi menulis anda. Karena semua orang melakukan kegiatan yang sama membuat anda akan ikut terbawa suasana.

Saat kesusahan anda bisa menanyakan pada rekan anda. Hal ini secara tidak langsung akan menambah lingkup pertemanan anda. Bisa saling berbagi pengalaman dalam menulis juga bisa menulis tanpa paksaan.

Baca Juga: Sejumlah Fasilitas Umum di Gedung Sate Rusak Pasca Demonstrasi, Pemprov Tanggung Biaya Perbaikan

3. Lengkapi peralatan

Terkadang bahan-bahan yang belum terkumpul menjadi kendala dalam menulis. Bahan-bahan menulis juga sangat penting karena jika tidak ada akan dapat menghilangkan motivasi anda atau bahkan akan membuat tulisan tidak jelas isi dan maknanya.

Jadi sebelum menulis penuhilah bahan-bahan agar tulisan anda jelas akan dibuat seperti yang anda inginkan.

4. Carilah kembali inspirasi

Kehilangan inspirasi adalah salah satu hal yang banyak dialami oleh para penulis. Inspirasi adalah benih munculnya sebuah tulisan yang memiliki makna.

Saat inspirasi hilang menjadi masalah terbesar anda, anda hanya perlu mencarinya kembali.

Pergilah ke tempat anda menemukan motivasi atau jika anda mendapatkan inspirasi karena melakukan sesuatu, lakukanlah. Saat inspirasi sudah datang, anda tinggal melanjutkannya kembali.

Baca Juga: Seorang Aktivis Buruh di Batam Positif Covid-19 Setelah Mengikuti Demo Tolak UU Cipta Kerja

5. Tentukan manajemen menulis

Hal ini sangat penting, aturlah waktu anda saat menulis. Jangan terlalu lama juga jangan terlalu sebentar. Saat anda terlalu lama menulis membuat waktu istirahat anda terkuras habis.

Ingatlah bahwa kewajiban anda bukan hanya menulis, anda juga memilki kewajiban di dunia luar. Namun saat terlalu sedikit akan membuat rasa malas untuk menulis.

Jadi aturlah waktu se-efisien mungkin agar anda terhindar dari rasa malas juga tak meninggalkan kewajiban di dunia luar.*** (Dian Meilani/JOB)

Editor: Rifki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah