Suka Main Boneka? Ternyata Ada Manfaatnya untuk Anak

- 11 Oktober 2020, 11:15 WIB
ILUSTRASI boneka bebek karet kuning yang sering digunakan untuk mandi.*
ILUSTRASI boneka bebek karet kuning yang sering digunakan untuk mandi.* /pixabay

PRFMNEWS - Boneka menjadi salah satu barang yang suka dimainkan anak-anak, terutama anak perempuan. Bentuknya yang beragam, unik, lucu, dan penuh warna menjadi daya tarik sendiri dari boneka.

Selain dapat menghadirkan suatu permainan yang asik dan seru, ternyata bermain dengan boneka juga memiliki manfaat yang baik lho untuk anak.

Dikutip prfmnews.id dari Childventures, berikut ini manfaat bermain dengan boneka untuk anak.

Baca Juga: Sudah Tahu? Ini Berbagai Manfaat yang Dapat dirasakan dari Buah Berry

  1. Keterampilan sosial

Ketika anak-anak bermain boneka di rumah, mereka belajar berkomunikasi dengan baik dan bekerja sama satu sama lain. Dengan merawat boneka, mereka dapat belajar keterampilan sosial, yakni belajar tentang cara merawat, menghargai dan melindungi orang lain.

  1. Tanggung jawab

Bagaimana cara anak-anak merawat dan memainkan boneka juga dapat membantu mereka belajar bertanggung jawab. Dengan ini mereka akan belajar belajar bertanggung jawab saat merawat sesuatu, seerti merawat hewan peliharaan, saudara, adik, atau barang kesayangan.

  1. Empati dan Kasih Sayang

Bermain boneka juga dapat membantu anak-anak  dalam memproses emosi, seperti empati dan kasih sayang. Merawat boneka mereka mengajarkan tanggung jawab, itu juga mengajarkan mereka untuk berempati dengan orang-orang di sekitar mereka dan memungkinkan mereka untuk tumbuh menjadi orang yang peduli.

Baca Juga: Asik! Heize dan Dua Lipa Terjun dalam Album Terbaru TWICE

  1. Imajinasi

Ketika anak-anak bermain dengan boneka akan muncul permainan drama. Permainan ini dapat membantu mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak. Sebab mereka harus membuat sebuah skenario imajisioner ketika bermain boneka bersama teman-temannya.

Halaman:

Editor: Rifki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x