Cara Lain Mengatasi Gatal Tanpa Menggaruknya

- 11 Oktober 2020, 20:03 WIB
Ilustrasi orang menggaruk kulit akibat rasa gatal.
Ilustrasi orang menggaruk kulit akibat rasa gatal. /Pixabay



PRFMNEWS - Seringkali kita mengalami rasa gatal yang tak tertahankan pada tubuh. Setelah itu kita akan refleks untuk menggaruk bagian yang sedang mengalami rasa gatal.

Ketika gatal menyerang, sebenarnya kita tidak diperbolehkan untuk menggaruknya.

Sebab, jika kita melakukan garukan pada kulit yang gatal yang terjadi justru rasa gatal semakin menyerang dan timbul permasalah pada kulit.

Baca Juga: SEDANG BERLANGSUNG, Ini Link Live Streaming Timnas U-19 vs Makedonia Utara

Dikutip dari Heatline, ketika gatal menyerang tahan terlebih dahulu dengan tidak membiarkan tangan untuk menyentuh bagian yang terkena gatal.

Doronglah tangan Anda untuk melakukan aktivitas selain menggaruk.

Baca Juga: Sejumlah Fasilitas Umum di Gedung Sate Rusak Pasca Demonstrasi, Pemprov Tanggung Biaya Perbaikan

Hal lain yang dapat dilakukan adalah mengompres area yang alami gatal menggunakan es batu yang dilapisi oleh kain. Mengompres dengan es dapat berguna untuk menenangkan kulit yang terasa gatal.

Selain itu, identifikasi penyebab dari rasa gatal yang muncul, agar dapat ditangani lebih lanjut. Sehingga dapat memperkirakan obat yang cocok dengan rasa gatal yang sesuai penyebabnya.

Baca Juga: Seorang Aktivis Buruh di Batam Positif Covid-19 Setelah Mengikuti Demo Tolak UU Cipta Kerja

Beberapa komposisi yang harus ada dalam krim antigatal di antaranya Pramoxine, Capsaicin dan Menthol. Jika gatal akibat dari alergi maka gunakanlah antihistamin untuk dapat meredakan gatal.

Jika memang rasa gatal tersebut tidak dapat tertahan untuk digaruk maka bisa untuk berkonsultasi dengan seorang dokter.*** (Dwi Nurul Hasanah/JOB)

Editor: Rifki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x