Jadi Bagian Penting untuk Pertumbuhan Ekonomi, DPR Dorong Tol Cisumdawu Segera Selesai

- 13 Oktober 2020, 09:51 WIB
Proyek pembangunan Tol Cisumdawu.
Proyek pembangunan Tol Cisumdawu. /RIFKI ABDUL FAHMI/PRFM

PRFMNEWS - Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) menjadi salah satu proyek infrastruktur strategis Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). Diharapkan proyek yang digadang-gadang akan menjadi akses penting untuk keberlangsungan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dan juga Pelabuhan Patimban ini selesai sesegera mungkin.

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Eriko Sotarduga menyatakan, pertumbuhan ekonomi harus didukung dengan fasilitas dan sarana penunjangnya seperti bandara dan pelabuhan, yang membuat transportasi untuk pengiriman barang, logistik serta pengiriman hasil hasil produksi dari semua hasil industri yang ada di Jawa Barat ini bisa tersampaikan dengan baik ke tujuannya.

"Tanpa adanya jalan tol yang menghubungkan bandara atau pelabuhan ke sentra sentra industri yang ada di Jawa Barat ini maka tidak mungkin hal itu (pertumbuhan ekonomi) akan terjadi dengan baik. Oleh karenanya Kami ingin melihat sejauh mana perkembangannya. Kalau melihat situasi yang ada disini, kami optimis, namun kami juga ingin percepatan yang terjadi bisa lebih dari yang seharusnya," kata Eriko saat melakukan Kunjungan Kerja Komisi ke Proyek Pembangunan Tol Cisumdawu, Senin 12 Oktober 2020 kemarin.

Baca Juga: Hadapi Musim Penghujan, Pemkot Diminta Publikasikan Peta Kebencanaan

Dikutip prfmnews.id dari laman resmi DPR RI, Komisi XI DPR RI mengharapkan agar Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Provinsi Jawa Barat dapat terlaksana dengan baik agar mampu memberikan kontribusi positif terhadap pencapaian secara nasional.

"Jawa Barat merupakan satu daerah penyangga ibu kota. Proses pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat menjadi proses yang penting juga buat ibu kota. Dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia, membuat pertumbuhan ekonomi Jawa Barat menjadi sangat penting bagi proses pertumbuhan di Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Eriko,

Dalam perhitungannya, akhir tahun 2021 Jalan Tol Cisumdawu sudah bisa beroperasi. Namun, dia tetap berharap proyek ini bisa selesai lebih cepat.

Baca Juga: Aplikasi Pikobar Jabar Mendapat Penghargaan dari IDC Digital Transformation Awards

"Tetapi kami berharap prosesnya dapat lebih cepat. Bahkan bila dimungkinkan, pada pertengahan tahun depan (sudah bisa digunakan). Dengan begitu proses pertumbuhan ekonomi Indonesia akan bisa lebih cepat juga," kata Politisi Fraksi PDI Perjuangan itu.

Halaman:

Editor: Rifki

Sumber: DPR RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x