Tol Cisumdawu Ditargetkan Beroperasi September 2021

- 8 Juli 2020, 08:26 WIB
Pembangunan tol Cisumdawu
Pembangunan tol Cisumdawu /Dok PRFM

PRFMNEWS - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), ditargetkan beroperasi Sepetember 2021.

Tol yang membentang dari Cileunyi, Kabupaten Bandung hingga Dawuan, Kabupaten Subang ini direncanakan dibangun sepanjang 60 KM.

”Tadi dari dukungan pemerintah 27,62 km, sekarang progresnya 81,6% konstruksinya, tanahnya 91,23%. Ini seluruhnya akan diselesaikan, targetnya operasional September 2021 ya,” kata Basuki saat memberikan keterangan usai Rapat Terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 7 Juli 2020.

Baca Juga: Hore! Netflix Kini Sudah Bisa Diakses Lewat Jaringan Telkom

Menurutnya, untuk ruas menjadi tanggung jawab BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) yaitu PT Citra Karya Jabar Tol 33,22 km.

”Seksi tiga progresnya sudah, seksi tiga itu sekitar 4 km, sudah 95,76% progres konstruksinya ya targetnya September. Sedangkan yang seksi 4, 5, dan 6 sepanjang 29,17 km. Yang seksi 6 ada tanah Perhutani yang sudah bisa dikerjakan. Sehingga progres konstruksinya 5%,” jelasnya.

Baca Juga: Cek Fakta: Mengkonsumsi Kopi Dapat Memicu Hipertensi?

Targetnya, menurut Basuki, tetap diselesaikan September 2021 yang kendalanya pembebasan lahan, pendanaan oleh investor tidak ada masalah karena sudah ada dukungan pemerintah yang sepanjang jadi dari 60 km dukungan pemerintah 27,6 km.

”Menteri ATR/BPN ditugaskan oleh Bapak Presiden untuk menangani. Karena bukan hanya masalah harga dan sebagainya, tapi ada masalah regulasi atau hukum yang ada di situ. Jadi nanti akan ada tindakan Pak Menteri ATR/BPN, semua tentang masalah tanah adalah tanggung jawab dan kewenangan Menteri ATR/BPN,” pungkasnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x