Kenali Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Hipertensi

- 18 Desember 2022, 17:35 WIB
Ilustrasi  Penderita hipertensi.
Ilustrasi Penderita hipertensi. /PEXELS

PRFMNEWS - Pengukuran tekanan darah diperhitungkan dari berapa banyak darah yang melewati pembuluh darah Anda dan jumlah resistensi yang dipenuhi darah saat jantung memompa.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi, terjadi ketika kekuatan darah yang mendorong melalui pembuluh darah Anda secara konsisten terlalu tinggi.

Tekanan darah tinggi terjadi karena pembuluh darah yang sempit, juga dikenal sebagai arteri, membuat lebih banyak hambatan untuk aliran darah.

Baca Juga: 276 Orang Mengungsi Imbas Banjir di Sawahdadap, Bantuan Mulai Berdatangan

Semakin sempit arteri, semakin banyak resistensi, dan semakin tinggi tekanan darah Anda. Dalam jangka panjang, peningkatan tekanan dapat menyebabkan masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung.

Selain itu, hipertensi cukup umum dialami. Hipertensi biasanya berkembang selama beberapa tahun. Namun meski tanpa gejala, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan organ tubuh, terutama otak, jantung, mata, serta ginjal.

Pembacaan tekanan darah secara teratur dapat membantu Anda dan dokter melihat adanya perubahan. Jika tekanan darah Anda meningkat, dokter mungkin meminta Anda memeriksa tekanan darah selama beberapa minggu untuk melihat apakah jumlahnya tetap tinggi atau turun kembali ke tingkat normal.

Baca Juga: Masjid Al-Jabbar Gedebage Diresmikan 30 Desember, Ridwan Kamil Minta Doa para Ulama

Perawatan untuk hipertensi hanya mencakup obat resep dan perubahan gaya hidup sehat. Jika kondisi tersebut tidak diobati, dapat menyebabkan masalah kesehatan, termasuk serangan jantung dan stroke.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x