Penderita Hipertensi Wajib Tahu! Ini 12 Buah-buahan yang Dapat Membantu Menurunkan Darah Tinggi

- 5 November 2022, 09:38 WIB
Ilustrasi buah-buahan
Ilustrasi buah-buahan /Pixabay/

PRFMNEWS - Tekanan darah tinggi bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, sebaiknya kamu mulai waspada dari sekarang. Nah, jika kamu memang punya riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi lebih baik mulai atur pola makan.

Bagi penderita hipertensi atau darah tinggi, buah-buahan adalah salah satu jenis makanan yang perlu dikonsumsi. Hal ini dikarenakan vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Apa saja buah penurun darah tinggi?

Buah yang mengandung kalsium, kalium, dan magnesium sangat dianjurkan untuk penderita hipertensi. Apa saja buah-buahan yang mengandung nutrisi tersebut? Berikut daftar buah penurun darah tinggi serta manfaatnya.

Baca Juga: Konsumsi Kurma Tidak Menyebabkan Gula Darah Tinggi? Begini Penjelasan dr. Cahyo

1. Semangka

Pilihan pertama ada buah semangka yang kesegarannya gak perlu diragukan lagi. Jenis buah yang satu ini sangat mudah dijumpai dan harganya ramah di kantong. Menariknya lagi semangka punya banyak kandungan gizi yang bagus untuk tubuh. Ada vitamin A, vitamin C, magnesium, dan kalium di dalamnya.

Semangka juga diketahui mengandung L-citrulline yang ternyata bisa memperlebar pembuluh darah. Nah, kondisi pembuluh darah yang melebar ini akan membuat peredaran jadi lebih lancar. Akhirnya, tekanan darah jadi normal dan hal ini sangat bagus untuk kesehatan organ jantung.

2. Pisang

Buah berikutnya yang bisa menurunkan darah tinggi adalah pisang. Siapa nih yang hobi makan pisang? Pisang ternyata mengandung kalium yang bisa menyeimbangkan kadar garam di dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x