Sudah Tahu? Ternyata Belimbing dan Singkong Bisa Picu Keracunan yang Berpotensi Kematian, Kata dr. Ema

- 13 November 2022, 15:40 WIB
Ilustrasi belimbing.
Ilustrasi belimbing. /PIXABAY/chrisad85

PRFMNEWS – Healthy vlogger dokter Ema Surya Pertiwi mengungkap bahwa buah belimbing dan singkong bisa menjadi racun dalam tubuh bahkan jika dibiarkan berpotensi memicu kematian.

Belimbing dan singkong, kata dr. Ema Surya Pertiwi, dapat menyebabkan keracunan pada tubuh seseorang jika diolah kemudian dikonsumsi dengan cara yang salah.

Menurut dr. Ema Surya Pertiwi, belimbing baik itu belimbing biasa maupun belimbing wuluh aman dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari bagi orang sehat.

Baca Juga: Gelaran Porprov Jabar XIV/2022 Omzet Pedagang di SOR Adiwijaya Meningkat Jadi Dua Kali Lipat

Namun bagi orang yang punya gangguan ginjal, belimbing dapat meningkatkan risiko kerusakan organ vital tersebut akibat kandungan neurotoxin dalam buah satu ini.

“Pada orang normal neurotoxin dapat keluar dengan sendirinya, namun pada orang dengan masalah ginjal, neurotoxin tidak dapat dikeluarkan sehingga terendap pada ginjal sehingga menyebabkan kerusakan dan keracunan pada ginjal lebih parah lagi,” katanya, dikutip prfmnews.id dari YouTube Emasuperr.

Gejala keracunan belimbing pada orang dengan gangguan ginjal, lanjutnya, antara lain cegukan, kebingungan, tidak sadar, kejang bahkan sampai kematian.

Baca Juga: Program Parkir Berlangganan di Cianjur Sukses Sumbang PAD Rp500 Juta Dalam Setengah Tahun

Kemudian dr. Ema juga menyatakan singkong adalah salah satu makanan yang berpotensi memicu keracunan yang jika dibiarkan akan memicu kematian.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: YouTube Emasuperr


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x