Jangan Sepelekan! 9 Gejala Sakit Mata ini Berbahaya Jika Dibiarkan Bisa Picu Kebutaan, Kata dr. Ema

- 9 Oktober 2022, 18:40 WIB
Ilustrasi gejala sakit mata yang berbahaya dan bisa bikin buta, kata dokter Ema Surya Pertiwi.
Ilustrasi gejala sakit mata yang berbahaya dan bisa bikin buta, kata dokter Ema Surya Pertiwi. /Pixabay/newarta

PRFMNEWS – Healthy vlogger dokter Ema Surya Pertiwi membeberkan sembilan gejala atau tanda berbahaya yang bisa muncul di mata dan tidak boleh disepelekan karena berisiko memicu kebutaan.

Menurut dr. Ema Surya Pertiwi jika salah satu dari sembilan gejala sakit mata ini muncul maka harus segera berkonsultasi ke dokter untuk mencegah dampak terburuk seperti buta.

Sembilan gejala di mata yang bisa memicu kebutaan dan dipaparkan dr. Ema Surya Pertiwi ini, beberapa di antaranya mirip dengan tanda-tanda sakit mata biasa namun ternyata ini lebih berbahaya.

Beberapa gejala sakit mata berbahaya yang berisiko kebutaan jika dibiarkan terus-menerus ini, antara lain seperti melihat kilatan cahaya, ada jaring-jaring atau serabut hitam di mata, dan lainnya.

Baca Juga: Sering Merasa Lapar pada Malam Hari? Begini Cara Atasinya Agar Tidak Obesitas, kata dr. Tirta

1. Penglihatan kabur secara tiba-tiba

Pada seseorang dengan gangguan mata minus atau plus, penglihatan akan terganggu dan tampak buram namun secara bertahap.

“Namun jika penglihatan kabur tiba-tiba, awalnya bisa melihat jarak 1 meter pada malam dan di pagi harinya tiba-tiba penglihatan kabur dan tidak bisa melihat jarak 1 meter, ini harus diwaspadai,” kata dr. Ema, dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube Emasuperr.

Menurutnya kondisi ini bisa jadi pertanda retina lepas, glaukoma (kerusakan saraf mata), infeksi pada kornea, macular degeneration, dan edema (pembengkakan) pada mata.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x