10 Manfaat Oncom untuk Kesehatan, Bisa untuk Meningkatkan Fungsi Otak dan Menurunkan Kolesterol

- 24 September 2022, 12:55 WIB
Tutug Oncom kuliner khas Tasikmalaya.*
Tutug Oncom kuliner khas Tasikmalaya.* /Kabar-Priangan.com/Helma Apriyanti/

PRFMNEWS - Orang Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan oncom. Yap benar, makanan tradisional yang satu ini cukup populer terutama bagi masyarakat Sunda di Jawa Barat.

Beberapa masakan berbahan oncom seperti sambal atau tutug oncom akan mudah didapatkan di berbagai daerah di Jawa Barat atau restoran Sunda.

Oncom adalah makanan fermentasi khas Jawa Barat. Fermentasi oncom dihasilkan dari kapang yang dicampur sisa bungkil kacang tanah, ampas tahu, ampas kedelai, atau ampas kelapa hingga tahap spora.

Baca Juga: Hindari Satu Jenis Makanan Ini Saja Agar Terhindar dari Kerusakan Ginjal, Kata Ahli Herbal dr Zaidul Akbar

Manfaat oncom bagi kesehatan tak kalah dengan makanan olahan kedelai lainnya. Oncom mengandung gizi cukup lengkap, diantaranya protein, serat, karbohidrat, lemak, air, zat besi, kalium serta natrium.

Lalu apa manfaat oncom untuk kesehatan? Dari kandungan gizinya, berikut beberapa manfaat oncom yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Meningkatkan metabolisme

Beberapa orang telah mempercayai manfaat oncom untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sejak itu, ia juga melawan banyak penyakit. Selanjutnya terkait dengan nutrisi yang terkandung dalam oncom seperti protein dan karbohidrat.

Baca Juga: Minuman Herbal Alami Ini Ampuh untuk Berhenti Kecanduan Merokok, kata dr. Zaidul Akbar

2. Melindungi sistem pencernaan

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x