WASPADA 10 Makanan ini Bikin Ginjal Rusak Lebih Cepat, Selama ini Dikira Sehat Ternyata Bahaya Kata dr. Ema

- 21 September 2022, 16:30 WIB
10 makanan yang disebutkan dokter Ema Surya Pertiwi yang bisa bikin ginjal rusak.
10 makanan yang disebutkan dokter Ema Surya Pertiwi yang bisa bikin ginjal rusak. /Tangkapan layar Youtube.com/Emasuperr

PRFMNEWS – Healthy vlogger dokter Ema Surya Pertiwi mengungkap daftar 10 makanan yang berpotensi menyebabkan ginjal rusak lebih cepat jika dikonsumsi berlebihan.

Daftar 10 makanan bisa bikin ginjal rusak atau gagal ginjal ini, kata dr. Ema Surya Pertiwi, di antaranya selama ini dipandang menyehatkan tubuh tapi ternyata berbahaya bagi kesehatan organ satu ini.

Selain memicu ginjal rusak, 10 makanan ini juga berpotensi menyebabkan diabetes, batu ginjal, asam urat, hipertensi dan gangguan kesehatan lainnya.

Baca Juga: SEGERA TINGGALKAN, 4 Kebiasaan Memasak Ini Bisa Jadi Penyebab Kolesterol Tinggi

Daftar 10 makanan berpotensi memicu kerusakan ginjal ini, ucap dr. Ema Surya Pertiwi, sebenarnya aman dan sehat selama dikonsumsi tidak secara berlebihan dan berkepanjangan.

1. Tinggi sodium atau natrium

Menurut dr. Ema, makanan terlalu asin akibat tinggi sodium, seperti keripik kemasan, makanan kaleng, junk food, mie instan, dan bumbu-bumbu instan bisa memicu kerusakan ginjal.

“Natrium bisa meningkatkan penyerapan cairan pada tubuh yang menyebabkan tubuh mengalami ketidakseimbangan cairan maupun elektrolit,” tuturnya, dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube Emasuperr.

“Sehingga meningkatkan tekanan darah dan kelebihan natrium akan meningkatkan pengeluaran kalsium pada tubuh. Jika kalsium berlebih akan mengendap di ginjal yang meningkatkan risiko batu ginjal,” sambungnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: YouTube Emasuperr


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x