SEGERA TINGGALKAN, 4 Kebiasaan Memasak Ini Bisa Jadi Penyebab Kolesterol Tinggi

- 21 September 2022, 12:15 WIB
Ilustrasi menggoreng.
Ilustrasi menggoreng. /Pixabay.com/Teerasak1988


PRFMNEWS – Sejumlah kebiasaan memasak ternyata bisa juga berpengaruh terhadap kadar kolesterol.

Kolesterol sebetulnya sangat bermanfaat bagi tubuh, kolesterol diproduksi oleh orang tubuh ataupun didapatkan dari makanan yang dikonsumsi.

Namun, kadar kolesterol yang tinggi bisa mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, kerusakan arteri dan lainnya.

Baca Juga: 8 Minyak Goreng yang Baik dan Aman untuk Penderita Diabetes

Oleh karenanya, pencegahan sedini mungkin untuk menghindari resiko dari tingginya kolesterol bisa dilakukan dengan memperbaiki pola hidup sehat dan pola makan. Salah satunya adalah cara memasak yang tanpa disadari menjadi pemicu kolesterol tinggi.

Dijelaskan dr Ema Surya Pertiwi pada kanal YouTubernya, terdapat 4 kebiasaan memasak yang berpengaruh terhadap tingginya kadar kolesterol yang dikonsumsi, diantaranya:

1. Memanaskan ulang makanan

Memanaskan ulang makanan menjadi hal yang biasa dilakukan di rumah tangga bahkan hingga tempat makan. Terutama makanan berkaldu, berkuah santan dan daging karena sebagian orang senang mengkonsumsinya selagi hangat.

Namun ternyata itu bisa merubah lemak dalam daging menjadi tinggi kolesterol, sehingga walaupun dikonsumsi sedikit saja itu bisa menumpuk dan meningkatkan kadar kolesterol.

Baca Juga: 8 Cemilan yang Bantu Turunkan Kolesterol Tinggi, Kata dr. Saddam Ismail

2. Menggunakan minyak yang sama berulang kali

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x