Teh Jati China dan Efek Sampingnya pada Usus, Dipaparkan Dokter Cahyo

- 20 September 2022, 20:15 WIB
Ilustrasi teh jati china.
Ilustrasi teh jati china. /Pixabay/ulleo

PRFMNEWS - Teh jati cina paling sering digunakan untuk mengobati sembelit. Namun apakah berbahaya atau aman saja bila terus-menerus mengkonsumsinya? Mari kita simak penjelasan Dokter Cahyo Edukes seperti dikutip dari kanal Youtube dr.Cahyo Edukes.

Cara paling tepat untuk mengatasi susah buang air besar ialah dengan mengatasi penyebab utamanya. Jadi di sini perlu anda ketahui yaitu penyebab utama seseorang mengalami susah buang air besar.

Ada tiga hal penyebab sulit buang air besar yaitu pertama adalah kurang minum air putih atau kurang cairan, yang kedua yaitu kurang mengkonsumsi serat seperti kurang makan sayur atau malas makan buah-buahan, yang ketiga ini mengalami gangguan keseimbangan flora normal usus yang biasanya disebabkan karena sering mengkonsumsi obat-obatan antibiotik dan tidak diimbangi dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik.

Baca Juga: Teh Ini Bisa Dijadikan Minuman Anti Asam Urat, Kolesterol dan Kanker, Kata dr Zaidul Akbar

Jadi ketika anda mengalami susah buang air besar kemudian anda minum teh jati cina nah ini sama halnya anda dengan minum obat-obat pencahar atau obat untuk melancarkan susah buang air besar, jadi teh jati cina ini ternyata cara bekerjanya untuk mengatasi susah buang air besar mirip dengan obat pencahar yaitu meningkatkan kontraksi usus agar feses bisa didorong keluar serta melunakkan feses dengan cara yaitu menyerap cairan yang ada di dalam tubuh.

Efeknya apabila teh jati cina ini diminum terus menerus dalam jangka waktu panjang nah tentunya otot dari usus ini akan mengalami kelelahan, tentunya apabila ini terjadi terus-menerus dalam jangka waktu panjang maka yang terjadi yaitu justru susah buang air besar yang anda hadapi ini akan menjadi semakin parah bukan malah teratasi.

Baca Juga: Kenali 4 Kebiasaan Sehari-hari yang menyebabkan Sembelit, Dipaparkan dr Clarin Hayes

Oleh karena itu Dokter Cahyo memberi saran bagi anda yang saat ini mengalami susah buang air besar kemudian anda menggunakan obat pencahar baik itu obat pencahar dari bahan kimia ataupun bahan alami seperti teh jati cina ini, sebaiknya jangan digunakan terus-menerus.

Misalkan ingin menggunakannya sesekali boleh tapi tidak boleh setiap hari, jadi sebaiknya atasi susah buang air besar tersebut dengan banyak mengkonsumsi air putih minimal 2 liter dalam 1 hari, kemudian rutin konsumsi buah dan sayur dan juga kalau bisa setiap hari minum yoghurt atau susu kefir untuk memenuhi kebutuhan probiotik harian.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x