Bolehkah Ikan Bandeng Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes? ini Jawabannya

- 14 September 2022, 07:45 WIB
Ilustrasi ikan bandeng.
Ilustrasi ikan bandeng. /aybanreyes/pixabay/

PRFMNEWS - Bila anda seorang penderita diabetes yang ingin makan ikan bandeng tapi takut gula darah meningkat, sebaiknya anda simak penjelasan berikut ini.

Jadi bagi anda yang menderita diabetes sebaiknya memilih bahan makanan yang rendah kandungan karbohidratnya karena semakin tinggi kandungan karbohidrat dalam suatu makanan ini maka semakin besar pula potensi naiknya gula darah.

Perlu diketahui bahwa batas aman asupan karbohidrat dalam 1 hari, dalam 1 kali waktu makan ini hanya sebesar 40 sampai dengan 60 gr atau sekitar 135 gr sampai dengan 180 gr per harinya.

Baca Juga: Bolehkah Jengkol Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes? Begini Penjelasan Dokter Cahyo

Sehingga sebaiknya penderita diabetes tidak mengkonsumsi makanan berkarbohidrat melebihi batas ini.

Ikan bandeng ini termasuk dalam bahan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat rendah, di mana dalam 100 gr ikan bandeng segar ini ternyata tidak terdapat kandungan karbohidrat.

Namun apabila sudah digoreng ternyata ikan bandeng ini mengandung kandungan karbohidrat sebesar 2,38 gr dan bila diolah menjadi ikan bandeng presto ini karbohidratnya meningkat menjadi sebesar 6,77 gr.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Diabetes Makan 3 Kali Sehari saat Gula Darah Masih Tinggi? Berikut Penjelasan Dokter Cahyo

Selain karbohidrat ternyata makanan yang mengandung protein pun ini berpotensi meningkatkan kadar gula darah penderita diabetes, karena sekitar 20 sampai dengan 60% protein yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan akan diubah menjadi glukosa darah.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x