Bolehkan Penderita Diabetes Konsumsi Ikan Tongkol Pindang? Ini Kata dr Cahyo EDUKES

- 14 September 2022, 06:00 WIB
Ikan tongkol.
Ikan tongkol. /pixabay.com/Aytalina

PRFMNEWS - Ikan merupakan makanan yang banyak disukai oleh banyak orang, seperti ikan bandeng, ikan mas, ikan nila, ikat gurame bahkan ikan salmon.

Namun pada kesempatan kali ini, Dokter Cahyo akan menjelaskan tentang manfaat ikan cue atau ikan tongkol pindang yang apakah baik untuk kesehatan atau tidak.

Ikan tongkol segar ini aman bagi penderita diabetes karena tidak mengandung karbohidrat sehingga kecil pengaruhnya pada peningkatan gula darah.

Baca Juga: Mau Tulang, Sendi, dan Otot Tetap Kuat? dr. Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi Ikan Jenis Ini

Selain itu ikan tongkol juga tinggi kandungan protein yaitu sebesar 23,87 gr per seratus gram ikan tongkol.

Sedangkan ikan cue atau ikan pindang adalah ikan yang diolah dengan cara direbus dan diberi tambahan garam dengan tujuan agar lebih awet tidak cepat membusuk, jadi bila ikan tongkol segar ini sudah menjadi ikan pindang maka kandungan garamnya akan menjadi lebih tinggi daripada iklan tongkol segar.

Seperti yang sudah diketahui bahwa makanan tinggi garam beresiko meningkatkan gula darah penderita diabetes karena garam atau natrium akan meningkatkan resistensi insulin.

Baca Juga: Mau Tulang, Sendi, dan Otot Tetap Kuat? dr. Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi Ikan Jenis Ini

Selain itu ikan tongkol adalah ikan yang tinggi kandungan merkurinya sehingga ikan tongkol ini sebaiknya tidak sering dikonsumsi untuk menghindari menumpuknya merkuri di dalam tubuh kita.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x