Bolehkah Jengkol Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes? Begini Penjelasan Dokter Cahyo

- 14 September 2022, 06:30 WIB
Ilustrasi jengkol
Ilustrasi jengkol /Pixabay.com/noegrr

PRFMNEWS - Siapa yang tidak tahu jengkol, meskipun efek sampingnya bau, namun jengkol juga merupakan makanan yang lezat dan sehat.

Mungkin anda tertarik mengkonsumsi jengkol karena adanya informasi yang mengatakan bahwa jengkol bisa menurunkan gula darah penderita diabetes.

Namun benarkah bahwa jengkol Ini aman untuk penderita diabetes ? Sebaiknya anda simak penjelasan dari dr Cahyo dikutip dari Kanal Youtube dr Cahyo EDUKES.

Baca Juga: Resep Semur Jengkol yang Enak dan Anti Bau, Dijamin Bikin Ketagihan

Jadi bila dilihat dari indeks glikemiknya jengkol termasuk makanan yang memiliki indeks glikemik yang rendah seperti yang sudah sering disampaikan bahwa makanan yang memiliki indeks glikemik rendah ini relatif aman bagi penderita diabetes.

Namun bila dilihat dari kandungan karbohidratnya maka jengkol ini termasuk makanan yang cukup tinggi kandungan karbohidratnya dimana dalam 100 gram jengkol terdapat kandungan karbohidrat sebesar 23,54 gr.

Baca Juga: Digemari Banyak Orang, Ternyata Jengkol Bisa Buat Ginjal Rusak Lebih Cepat, Begini Penjelasan dr. Ema

Walaupun jengkol ini memiliki indeks glikemik yang rendah, tetapi bila dikonsumsi dalam jumlah besar tetap beresiko meningkatkan gula darah bagi penderita diabetes.

Selain itu konsumsi jengkol dalam jumlah banyak beresiko meningkatkan kerusakan ginjal dan berpotensi mengalami keracunan jengkol.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x